Penyusunan Kalimat Tanya di dalam bahasa Indonesia/ Preparation Question sentence in Indonesian FOR JUNIOR HIGH SCHOOL INDONESIAN


Penyusunan Kalimat Tanya di dalam bahasa Indonesia

(Sumber: rangkuman primagama tahun 2007)

Macam-macam kalimat Tanya;

A) Kalimat Tanya total adalah kalimat yang memerlukan jawaban secara total atau utuh atas seluruh bagian kalimat. Dengan demikian, kalimat ini biasa dijawab dengan: ya, tidak, belum, sudah, dan lainnya. Contoh: Apakah Anda sudah belajar?

B) Kalimat Tanya parsial adalah kalimat Tanya yang memerlukan jawaban sebagain atas kalimat Tanya yang diajukan, contoh: Siapa yang datang itu? Jam berapa sekarang?

C) Kalimat Tanya retoris adalah kalimat Tanya dipakai untuk penegasan. Jawaban atas pertanyaan kalimat ini tidak diperlukan karena sudah sama-sama diketahui oleh penanya maupun penjawab. Contoh: siapa yang percaya bahwa manusia mati bisa hidup kembali?

IN ENGLISH (with google translate Indonesian-english):

Preparation Tanya sentence in Indonesian

(Source: Summary Primagama in 2007)

Various kinds of sentences Tanya;

A) Tanya total sentence is a sentence that requires an answer in total or complete the entire sentenceThus, the sentence is usuallyansweredyesnonot yetalready, and others. Example: Have youlearned?

BTanya partial sentence is a sentence that requires an answersebagain Tanya on Tanya sentence proposed, for example: Whocomes? What time is it?

C) The sentence is a sentence Tanya Tanya rhetorically used forconfirmationThe answer to the question sentence is not necessarybecause it is equally known to the questioner and answerer.Example: who believe that the dead man back to life?


0 comments:

Post a Comment