Benarkah Ada gunung Berapi di Laut? Bisakah Samudera menyempit? Bisakah Samudera berubah bentuk?/ Is There a mountain volcano in the Sea? Can Ocean narrowed? Can the ocean change shape? FOR GENERAL GEOGRAPHY


Benarkah Ada gunung Berapi di Laut? Bisakah Samudera menyempit? Bisakah Samudera berubah bentuk?

(sumber: Rosda Group.1994. Ensiklopedi Laut dan Samudera. Jakarta: PT Rosda Jayaputra.)

A) Benarkah ada Gunung Berapi di laut?

Ilmuwan pertama yang menyelidiki dasar laut menemukan bahwa air laut menutupi suatu pegunungan yang sangat besar. Pegunungan yang sangat besar itu merupakan rangkaian panjang pegunungan berapi yang dari waktu ke waktu dapat meletus dan melemparkan serpihan batu membara dari dalamnya. Serpihan batu itu menimpa karang dan batu lain yang ada di bawah laut. Kedua jenis batu itu saling menghimpit. Lama kelamaan,  tumpukan itu bisa membentuk pulau yang sangat tinggi hingga keluar ke permukaan laut. Kadang-kadang setelah gunung berapi di dasar laut meletus, segera terbentuklah sebuah pulau baru.

B) Bisakah Samudera menyempit?

Ada juga samudera yang menyempit. Samudera bisa saja mendapat tekanan dari dua sisinya secara bersamaan. Asia dan amerika semakin lama mendekat. Samudera Pasifik yang berada di antara keduanya perlahan terhimpit. Permukaan dasar lautnya tiap tahun menyempit 1 cm. ada bagian yang melesak ke dalam. Dengan demikian, bagian dasar laut di bawah pantai kedua benua tersebut menjadi semakin dalam dan wilayahnya semakin panas. Akhirnya, bagian yang makin dalam itu mencair oleh panas bumi. Panas bumi yang membara itu naik melalui cerobong gunung berapi. Gunung berapi pun meletus. Bahan yang membara itu mencapai permukaan bumi kembali.

C) Bisakah Samudera berubah bentuk?

Coba kalian perhatikan Samudera Atlantik di peta. Samudera yang luas itu memisahkan benua Amerika dari Eropa dan Afrika. Orang berpendapat bahwa memang dulu begitu keadaannya. Sebenarnya, keadaan itu tidak demikian. Seratus lima puluh jatuh tahun yang lalu, ketika dinosaurus masih hidup, semua daratan menyatu membentuk satu benua. Dari waktu ke waktu, muncul retakan pada ke dua benua itu seperti retakan pada tembok yang sudah tua. Akhirnya pecahlah satu bagian dari benua itu. Amerika memisahkan diri menjadi satu bagian besar yang perlahan-lahan menjauh dari bagian benua lain. Lalu terbentuklah Samudera Atlantik yang semakin lam semakin luas seperti ukuran sekarang. Sampai saat ini, Atlaintik masih terus bertambah luas satu sentimeter tiap tahun.

IN ENGLISH (with google translate Indonesian-english):

Is There a mountain volcano in the Sea? Can Ocean narrowed?Can the ocean change shape?
(Source: Rosda Group.1994. Encyclopedia of Marine and Ocean. Jakarta: PT Rosda Jayaputra.)
A) Is there really a volcano in the ocean?
The first scientist to investigate the seabed found that sea water covering a very large mountain. A very big mountain is a long series of volcanic mountains that from time to time and throw pieces of rock erupt from the burning inside. Pieces of rock struck another rock and rock under the sea. Both types of stone crushing each other. Eventually, it could form a pile so high that island out to sea.Sometimes after a volcano erupted on the ocean floor, immediately forming a new island.
B) Can the ocean narrowed?
There is also a narrow ocean. Ocean could have been under pressure from two sides simultaneously. Asia and America longer approaching. Pacific Ocean located between the two slowly squeezed. The surface of the sea base narrowed 1 cm per year.there are parts that sank into. Thus, part of the seabed beneath the coast of both continents becomes deeper and hotter regions.Finally, a growing part in it melted by the heat of the earth.Geothermal burning it up through the chimney of the volcano. The volcano was erupting. Burning material that reaches the earth's surface again.
C) Can the ocean changed shape?
Will you look at a map of the Atlantic Ocean. Vast ocean that separates America from Europe and Africa. People think that it used to be so doing. Actually, the situation is not so. One hundred and fifty fell years ago, when dinosaurs were alive, all the land together to form a single continent. From time to time, cracks appeared on both the continent as a crack in the wall that was old.Finally came the one part of the continent. Americans split off into one big piece slowly away from the other continents. Then formed the Atlantic Ocean getting wider as the size lam now. Until now, Atlaintik still expanding one centimeter per year.


0 comments:

Post a Comment