Apa yang Dimaksud dengan Gelombang Pasang? Darimana datangnya air laut?/ What Is a Tidal Wave? Where it comes from sea water? FOR GENERAL GEOGRAPHY


Apa yang Dimaksud dengan Gelombang Pasang? Darimana datangnya air laut?

(sumber: Rosda Group.1994. Ensiklopedi Laut dan Samudera. Jakarta: PT Rosda Jayaputra.)

A) Apa yang dimaksud dengan gelombang pasang?

                Gelombang pasang adalah ombak besar yang menghancurkan seluruh wilayah pantai. Sebenarnya, gelombang itu tidak bisa disebut ombak lagi. Akan tetapi, gelombang itu merupakan gunung air yang bergerak menyerang pantai. Bagaimana terjadinya gelombang pasang? Jika dasar laut bergetar atau ada karang bawah tanah laut yang longsor, getarannya menyebabkan air bergerak dengan hebat. Dinding air yang tingginya mencapai 20-30 meter dapat menghancurkan tanah, ternak, dan manusia di bawahnya. Untunglah bencana seperti itu jarang sekali terjadi. Dengan bantuan para ahli kelautan, bencana itu dapat diperkirakan kapan akan terjadi. Dengan demikian, kita dapat membuat peringatan sebelumnya.

B) Darimana datangnya air laut yang begitu banyak?

                Lambat laun laut dapat kehabisan air oleh sinar matahari. Setiap hari laut menguap oleh sinar matahari. Akan tetapi, air yang naik itu membentuk awan yang akhirnya menjadi hujan di atas bagian bumi yang lain. Hujan itu membentuk sungai dan anak sungai yang mengalir ke laut. Jadi, air laut yang menguap itu sebenarnya kembali lagi. Jika salju di pegunungan mencair, sungai akan meluap. Jika yang mencair adalah salju di kutub, permukaan air laut pasti naik. Perputaran air berjalan sedemikian rupa sehingga laut selalu mendapat tambahan air.

IN ENGLISH (with google translate Indonesian-english):

What Is a Tidal WaveWhere it comes from sea water?

(source: Rosda Group.1994Encyclopedia of Marine and Ocean.JakartaPT Rosda Jayaputra.)

A) What is the tidal wave?

Tidal waves are huge waves that destroyed entire coastal region.Actuallythe wave can not be called a wave againHowever, it is the wave of water that moves mountains to attack the beach. How thetidesIf the sea floor vibrate or no reef underground sea erosion,vibration causes the water to move violently. Wall of water up to 20-30 meters can destroy the landlivestockand humans underneath.Fortunately, such disasters are rareWith the help of marineexpertsdisaster can be predicted when it will happenThus, we can make prior warning.

BWhere did it come so much sea water?

Gradually the sea may run out of water by sunlightEach day the sunevaporates the seaHowever, the rising waters that form clouds that eventually becomes rain over parts of the earthThe rain wasforming rivers and streams that flow into the seaThussea waterevaporates it actually back againWhen the snow melts in the mountains, the river will overflowIf the snow is melting at the poles, sea levels rise definitelyTurnover running water so that the seaalways get extra water.


0 comments:

Post a Comment