Mengapa Air Laut terasa Membakar Mata? Dari Mana datangnya Garam di Laut?/ Why was Burning Sea Eye? Whence comes in Sea Salt? FOR GENERAL GEOGRAPHY


Mengapa Air Laut terasa Membakar Mata? Dari Mana datangnya Garam di Laut?

(sumber: Rosda Group.1994. Ensiklopedi Laut dan Samudera. Jakarta: PT Rosda Jayaputra.)

A) Mengapa Air Laut terasa membakar mata?

                Mata kita selalu basah, sekalipun kita tidak sedang menangis. Air mata merupakan perlindungan bagi mata. Seperti yang kalian ketahui, air mata berasa asin seperti air laut. Akan tetapi, air laut mengandung lebih banyak garam daripada air mata kita. Garam inilah yang terasa membakar di mata, juga terasa di kulit yang terluka. Binatang laut tidak merasakan hal itu karena semua binatang yang hidup di laut mempunyai perlengkapan untuk berada di air garam. Sejak lahir, mereka tinggal di sana. Sebagian dari binatang itu memiliki kelopak mata yang sangat tipis dan tembus pandang yang terletak di atas bola mata mereka. Alam meelngkapi mata mereka dengan “lensa kontak” yang berfungsi menyaring air laut dan melindungi mata.

B) Darimana datangnya garam di laut?

                Telah lama para ilmuwan disibukkan oleh pertanyaan itu. Suatu ketika, kita tentu pernah menelan air laut dan tahu betapa asin rasanya. Dari mana datangnya garam di laut? Untuk mengetahui jawabannya, para ahli meneliti air laut di laboratorium dan membandingkan air laut itu dengan air yang berasal dari sungai. Selain itu, mereka juga meneliti tanah, batuan, serta tempat yang dialiri air setelah hujan deras. Saat ini, orang menduga air tawar yang dibawa oleh sungai dan gunung berapi di bawah laut melepaskan bermacam mineral termasuk mineral garam. Mineral garam inilah yang mengolah garam di laut.

IN ENGLISH (with google translate Indonesian-english):

Why was Burning Sea EyeWhence comes in Sea Salt?

(source: Rosda Group.1994Encyclopedia of Marine and Ocean.JakartaPT Rosda Jayaputra.)

A) Why Seawater burned eyes?

Our eyes are always weteven if we're not cryingTears are for eyeprotectionAs you know, tears taste salty as sea waterHowever,sea water contains more salt than our tears. Salt is what wasburning in the eyesalso felt in injured skinMarine animals do notfeel it because of all the animals that live in the sea have theequipment to be in salt waterFrom birththey live thereSome ofthe animals have eyelids are very thin and translucent located abovetheir eyesNatural meelngkapi their eyes "contact lenses" whichserves to filter sea water and protect the eye.

BWhere did it come in sea salt?

Scientists have long been preoccupied by the question. Once upon a timewe would never swallow the sea and know how salty taste.Whence came the salt in the seaTo find the answerthe experts examined sea water in the laboratory and compared the sea waterwith water from the riverIn addition, they also investigated the soil,rocksand where the drained water after heavy rainsToday, peopleexpect fresh water carried by rivers and volcanoes under the searelease a variety of minerals, including mineral saltsMineral salt issea salt that process.


0 comments:

Post a Comment