Apakah Landak Laut benar-benar “Landak”? Mengapa Udang mempunyai Sungut Panjang?/ Is Sea Urchin really "Hedgehog"? Why Shrimp has long tentacle? FOR GENERAL GEOGRAPHY


Apakah Landak Laut benar-benar “Landak”? Mengapa Udang mempunyai Sungut Panjang?

(sumber: Rosda Group.1994. Ensiklopedi Laut dan Samudera. Jakarta: PT Rosda Jayaputra.)

A) Apakah Landak Laut benar-benar “Landak”?

Dengan tubuhnya yang berduri, landak laut tampak aneh. Landak laut sering mengejutkan anak-anak yang sedang bermain di pantai. Meskipun tubuhnya penuh duri, landak laut tidak sama dengan landak yang sudah kalian kenal. Seluruh tubuh landak laut dipenuhi dengan pelindung berupa duri bergerak yang menancap. Kebanyakan landak laut memiliki kelenjar beracun. Duri itu tidak hanya berfungsi sebagai pelindung, tetapi juga untuk membantunya bergerak maju. Pada bagian belakang tubuhnya ada kaki kecil yang bisa mengisap. Dengan kakinya itu, landak laut bisa memanjat dinding karang sampai tinggi sekali. Beberapa jenis binatang laut juga mempunyai duri pelindung di tubuh mereka, seperti kepiting panser, bintang laut, udang berduri, dan ada juga hiu yang tubuhnya berduri.

B) Mengapa Udang mempunyai Sungut panjang?

                Sungut itu biasa juga disebut dengna antena, karena dengan sungut itu udang bisa mengetahui keadaan di sekitar sekelilingnya. Sungut itu berguna untuk merasakan air dan untuk meraba tempat mereka berada. Udang bisa tahu apakah mereka terancam bahaya, apakah mereka perlu melindungi diri atau harus menyerang. Dengan sungutnya, udang dapat mengetahui dengan pasti apa yang terjadi di sekeliling mereka. Ketam dan udang galah juga dilengkapi dengan sungut yang fungsi sama seperti di atas. Mereka bisa berlari dalam air dan pada saat yang sama mereka juga dapat merasakan dan meraba lingkungan mereka. Jika perlu, mereka juga dapat menusuk dengan antena itu.

IN ENGLISH (with google translate Indonesian-english):

Is Sea Urchin really "Hedgehog"? Why Shrimp has long tentacle?

(source: Rosda Group.1994Encyclopedia of Marine and Ocean.JakartaPT Rosda Jayaputra.)

A) Is the Sea Urchin really "Hedgehog"?

With his spikysea urchins seem oddSea urchins often surprise the kids who were playing on the beach. Although his body is full of thorns, sea urchins are not the same as the hedgehog you alreadyknowThe whole body is filled with sea urchin spines form a protective move that stuckMost sea urchin have poison glands.Dorsal it not only serves as a protectorbut also to help him move forwardAt the back of the body there is little that can suck the leg.With his foot, sea urchins can climb a rock wall up high. Somemarine animals also have protective spines on their bodiessuch asarmored crabs, starfish, shrimp spikedand there is also a bodyprickly shark.

BWhy does shrimp have long tentacle?

Tentacle is usually called dengna antennabecause the tentacle thatshrimp can know the circumstances around himTentacle wasuseful to feel the water and to feel they belongShrimp can tell if they are in danger, whether they need to protect themselves or to attack.With a tube, the shrimp can know for sure what is going on around themCrabs and prawns are also equipped with antennae thatfunction the same as aboveThey can run in the water and at the same time they can also sense and feel the environment. If necessarythey can also be pierced by the antenna.


0 comments:

Post a Comment