Apakah Diantara Kerang hidup binatang lain? Apakah Kerang itu? Apakah sesungguhnya ganggang itu?/ Is Life Among the shells of other animals? Is Shellfish it? Is it true algae? FOR GENERAL GEOGRAPHY


Apakah Diantara Kerang hidup binatang lain? Apakah Kerang itu? Apakah sesungguhnya ganggang itu?

(sumber: Rosda Group.1994. Ensiklopedi Laut dan Samudera. Jakarta: PT Rosda Jayaputra.)

A) Apakah di antara kerang-kerangan hidup binatang lain?

                Jika kerang-kerangan mati, kerangka batunya tidak membusuk. Kerangka itu menjadi sebuah dinding yang besar. Dinding itu merupakan tanggul di bawah air yang bisa memecahkan gelombang. Itulah yang disebut dengan gosong karang. Binatang air yang tidak terhitung jumlahnya mendapat perlindungan di tempat itu. Di sana, mereka bisa menghindari musuh, seperti hiu dan kepiting panser. Gosong karang merupakan sebuah pulau bawah air yang berwarna-warni dan banyak penghuninya. Oleh karena itu, banyak penyelam yang tertarik untuk melihatnya. Ikan kupu-kupu dan jenis ikan lain bereang hilir mudik di antara kerang-kerangan dan bunga laut. Ikan jenis lain, seperti ikan nuri mengerat kerang-kerangan dengan giginya berbentuk seperti paruh dan sangat kuat.

B) Apakah Kerang-kerangan itu?

Di dalam laut yang hangat, tumbuhlah batang berwarna coklat atau merah. Itulah kerang-kerangan, suatu koloni binatang dalam jumlah sangat besar yang saling berangkulan dan dilapisi oleh batu kapur. Tiap tubuh kerang-kerangan itu terdiri atas sebuah kantung yang lubangnya dikelilingi oleh lengan beracun. Ubur-ubur dan kerang-kerangan ini menumbulkan gatal. “Mulutnya” menangkap mangsa, lalu mangsa itu pelan-pelan dicerna dalam kantungnya. Orang dapat membuat perhiasan dari salah satu jenis kerang-kerangan yang membusuk di Laut Tengah.

C) Apakah Sesungguhnya ganggang itu?

                Ganggang tidak beda dengan tanaman lainnya. Ada banyak jenis ganggang yang ditandai dengan warna yaitu hijau, coklat, merah, dan ada juga ganggang yang berwarna keemasan. Ada ganggang yang melayang di air dan ada yang tumbuh kuat di dasar laut. Ganggang yang kita kenal adalah jenis ganggang yang paling besar. Semua jenis ganggang tumbuh dalam air dan tidak mempunyai kelopak bunga. Ganggang harus bertahan terhadap ombak air surut yang disebabkan oleh matahari. Oleh karena itu, ganggang sangat lunak, licin dan elastic seperti karet. Ganggang berguna bagi kebanyakan binatang laut. Keong laut sangat suka mengeratnya sedangkan ikan biasanya mengoyak lalu memakannya.

IN ENGLISH (with google translate Indonesian-english):

Is Life Among the shells of other animals? Is Shellfish it? Is it true algae?
(Source: Rosda Group.1994. Encyclopedia of Marine and Ocean. Jakarta: PT Rosda Jayaputra.)
A) Do any live shellfish other animals?
If the dead shellfish, no stone frame rot. The framework was to be a large wall. The wall was an underwater dike could break the waves.That is called a reef. Animals countless water gets protection in place. There, they can avoid enemies, such as sharks and crabs APCs. Is an island reef under water and many colorful inhabitants.Therefore, many divers who are interested to see it. Butterfly fish and other fish species bereang forth between shellfish and sea flowers. Other types of fish, such as parrot fish gnaw shellfish with teeth shaped like a beak and very strong.
B) Is it Shellfish?
In the warm sea, the stem grows brown or red. That shellfish, a colony of animals in large amounts each other and covered with limestone. Each body of shellfish that consists of a bag that hole surrounded by toxic arm. Jellyfish and shellfish is menumbulkan itch."Mouth" catch prey, and prey slowly digested in the pocket. People can make jewelry from one of the rotting shellfish in the Mediterranean.
C) Is the fact that algae?
Algae is not different from other plants. There are many types of algae are marked in green, brown, red, and there is also the golden algae. There algae floating in the water and there is growing stronger on the sea floor. Algae as we know it is the greatest type of algae. All types of algae grow in the water and have no petals.Algae must survive the low tide waves caused by the sun.Therefore, algae is very soft, smooth and elastic like a rubber.Algae is useful for many marine animals. Sea snails love mengeratnya tore past the fish usually eat.


0 comments:

Post a Comment