Kerajaan Lombok melawan Kolonial Belanda/ Kingdom of Lombok against the Dutch Colonial FOR JUNIOR HIGH SCHOOL HISTORY


Kerajaan Lombok melawan Kolonial Belanda

(sumber: Buku Sekolah Menengah Pertama. Ilmu Pengetahuan Sosial Sejarah)

Pada tahun 1891, di Daerah Lombok terjadi Perang saudara antara orang Sasak yang beragama Islam dengan keluarga Raja Lombok yang beragama Hindu Bali. Perang saudara ini memancing campur tangan Belanda. Orang Sasak minta bantuan Belanda di Batavia.

            Pada tahun 1892, Belanda mengirimkan utusan ke Lombok sebagai usaha penengah kedua belah pihak. Perutusan tersebut tidak diterima secara wajar oleh raja Lombok.

            Pada tahun 1894, sekali lagi Belanda mengirimkan perutusan yang membawa ancaman dan tuntutan permintaan maaf raja terhadap perlakuan pada perutusan Belanda sebelumnya. Ancaman dan tuntutan ini pun tidak mendapat jawaban yang memuaskan.

            Pada tahun 1894, itu juga pasukan Belanda di bawah pimpinan Jenderal Vetter dan Van Ham menyerang kerajaan Lombok. Pertempuran sengit terjadi di Cakranegara yang mengakibatkan tewasnya Jenderal Van Ham. Lombok dapat dikuasai dan raja Lombok yang sudah lanjut umur itu ditawan dan diasingkan ke Batavia. Kerajaan Lombok jatuh ke tangan Belanda pada tahun 1895.

IN ENGLISH (with google translate Indonesian-english):

Kingdom of Lombok against the Dutch Colonial

(source: Secondary School Books. Historical Social Sciences)

In 1891, in the Region of Lombok going civil war between the Muslim Sasak with the royal family of Hindu Bali Lombok. This provoked a civil war Dutch intervention. Sasak people enlist the help of the Dutch in Batavia.

In 1892, the Dutch sent a messenger to Lombok as an attempt to mediate the two sides. The mission of the fair is not accepted by the king of Lombok.

In 1894, once again the Dutch sent a mission to bring threats and demands for an apology royal treatment at the Dutch mission before. Threats and demands did not get a satisfactory answer.

In 1894, it was also the Dutch troops under the command of General Van Ham Vetter and attacked the kingdom of Lombok. Fierce fighting occurred in Cakranegara which resulted in the death of General Van Ham. Lombok can be controlled and the king an advanced age was captured and exiled to Batavia. Lombok kingdom fell to the Dutch in 1895.

0 comments:

Post a Comment