Benarkah ada Monster Laut? Benarkah laut sedang sakit? Apakah bisa disembuhkan dari sakitnya itu?/ Is there really a Sea Monster? Really sea sick? Can it be cured of the pain? FOR GENERAL GEOGRAPHY


Benarkah ada Monster Laut? Benarkah laut sedang sakit? Apakah bisa disembuhkan dari sakitnya itu?

(sumber: Rosda Group.1994. Ensiklopedi Laut dan Samudera. Jakarta: PT Rosda Jayaputra.)

A) Benarkah ada monster laut?

Dalam cerita petualangan, ada kisah yang mendebarkan. Kisah itu seperti laut yang terbelah dan ombak yang berputar-putar. Lalu, dari dalam air yang bergolak itu muncul monster yang menakutkan. Para pelaut bertarung melawan ular raksasa dan gurita raksasa yang mencengkeram kapal dan menariknya ke dalam rongga di dasar samudera. Akan tetapi, tentu saja makhluk seperti itu tidak benar-benar ada. Di kedalaman lautan memang ada makhluk aneh. Kebanyakan bentuk makhluk tidak lazim dan tampak menakutkan, sekalipun ukurannya tidak lebih besar daripada ikan sarden. Ada juga makhluk yang badannya sangat besar seperti gurita. Bagi kita, mereka benar-benar menakutkan bagaikan hantu.

B) Mengapa Orang sering mentakan bahwa laut sedang sakit?

Sebenarnya, laut memang sakit karena orang mencemarinya dengan sampah, limbah pabrik, dan bahan kimia. Laut Utara merupakan salah satu contoh laut yang  sudah rusak. Di sana hanya sedikit tanaman dan binatang yang mampu bertahan hidup. Akan tetapi, di perairan pantai Laut Tengah, beberapa tahun yang lalu masih begitu banyak ikan berseliweran, saat ini tidak ada ikan lagi sampai radius 1 kiloemter. Hal itu disebabkan oleh adanya kapal tanker yang mengalami kecelakaan dan yang selalu menumpahkan minyak ke laut atau awak kapal yang membuang minyak ke laut meskipun hal itu dilarang. Semua itu merupakan bencana bagi lingkungan karena laut tertutup oleh lapisan berminyak dan lengket. Akibatnya, jutaan ikan, burung, dan binatang lainnya mati.

C) Bisakah laut yang sakit itu disembuhkan kembali?

Hal itu sama sulitnya seperti terhadap manusia. Makin lama seseorang sakit, makin sulit pula sembuhnya. Laut kecil yang tercemar berat dalam waktu lama mungkin tidak akan sembuh lagi. Untuk menyelamatkan laut, pembuangan sampah dan bahan berbahaya harus segera dihentikan. Beberapa hal yang merugikan lainnya harus dilarang dan dikontrol secara ketat. Selain itu, jangan mengambil satu jenis ikan di satu tempat terus menerus karena ikan itu tidak akan sempat bertelur. Suatu ketika jenis ikan itu akan punah. Jika kualitas air sudah lebih baik, diperlukan waktu yang lama sebelum binatang dan ganggang menjadi penghuninya.

IN ENGLISH (with google translate Indonesian-english):

Is there really a Sea Monster? Really sea sick? Can it be cured of the pain?
(Source: Rosda Group.1994. Encyclopedia of Marine and Ocean. Jakarta: PT Rosda Jayaputra.)
A) Is there really a sea monster?
In adventure stories, there is a thrilling story. The story is split like the sea and the waves swirling. Then, out of the turbulent waters came a scary monster. The sailors fought a giant snake and a giant octopus that gripped the ship and pulled into the cavity at the bottom of the ocean. But, of course, being as it's not really there. In the depths of the ocean there is a strange creature. Most forms of unusual creatures and seem daunting, even if its size is not larger than sardines. There is also a very large creature body like octopus.For us, they are really scary like a ghost.
B) Why People often mentakan that sea sick?
In fact, the ocean is sick because people pollute it with garbage, sewage plants, and chemicals. North Sea is an example of a broken sea. There were only a few plants and animals to survive.However, in the waters of the Mediterranean coast, a few years ago are still so many fish milling about, there are currently no fish again until a radius of 1 kiloemter. It is caused by a tanker accident and oil spill ever to sea or crew who throw oil into the sea even though it was forbidden. All of that is a disaster for the environment because the ocean is covered by a layer of oily and sticky. As a result, millions of fish, birds and other animals die.
C) Can it be cured sea sick again?
It was just as hard as the men. The longer a person is sick, the more difficult it heal. Small, heavily polluted sea in a long time may not recover anymore. To save the sea, waste disposal and hazardous materials must stop immediately. Some of the things that hurt others should be prohibited and strictly controlled. Also, do not take a single species of fish in one place continuously because the fish did not have time to spawn. Once fish species will be extinct. If the water quality is better, it takes a long time before the animals and algae become residents.


0 comments:

Post a Comment