Mengapa Sebagian Besar Kerang Hidup dalam Pasir? Bagaimana Kerang Hidup?/ Why Most of The Living Shells in the Sand? How do mussels live? FOR GENERAL GEOGRAPHY


Mengapa Sebagian Besar Kerang Hidup dalam Pasir? Bagaimana Kerang Hidup?

(sumber: Rosda Group.1994. Ensiklopedi Laut dan Samudera. Jakarta: PT Rosda Jayaputra.)

A)  Mengapa sebagian besar kerang Hidup di pasir?

                Ada kerang yang bentuknya seperti  pisau dan hati. Oleh karena itu disebut “kerang pisau” dan kerang hati”. Kerang itu tinggal di pasir pantai. Jika air laut menyusut pada saat pasang surut, kerang itu mencari perlindungan agar tidak terbakar oleh matahari. Mereka mengubur diri dalam pasir. Jika air kembali kerang itu muncul sedikit di permukaan. Kulitnya tetap berada dalam air. Dengan demikian, mereka tidak tenggelam dan bisa menghisap udara. Kerang mempunyai “belalai” kecil yang dikeluarkan untuk bernapas. Makanan kerang adalah makhluk kecil yang tersaring ke luar dari laut.

B) Bagaimana Kerang Hidup?

                Kerang yang baru menetas merupakan larva kecil yang terbawa arus laut. Lambat laun pada tubunya tumbuh kulit keras. Pada dasarnya, kulit itu akan menjadi sangat keras sehingga kerang itu tidak dapat berenang lagi. Mereka pun melekatkan diri pada karang atau menguur diri dalam pasir. Di sanalah mereka menghabiskan sisa hidupnya. Hanya sedikit kerang yang berenang bebas ke sana kemari. Untuk menjadi gemuk, kerang juga membutuhkan makanan. Akan tetapi, mereka bukan jenis binatang pemburu. Kerang hanya makan apa yang tersaring ke luar dari laut. Kalian harus berhati-hati terhadap kerang yang melekat di atas batu. Kulitnya yang tajam dapat melukai kaki kalian.

IN ENGLISH (with google translate Indonesian-english):

Why Most of The Living Shells in the SandHow do mussels live?

(source: Rosda Group.1994Encyclopedia of Marine and Ocean.JakartaPT Rosda Jayaputra.)

A) Why are most of the clams live in the sand?

There shells are shaped like knives and liverTherefore, it is called"clam knives" and clams heart "The mussels that live in the sand. If the sea shrinks during tides, clams took refuge being burned by the sunThey bury themselves in the sandIf the water comes back shella little on the surfaceHer skin remain in the waterAs suchthey do not sink and can suck airThe mussels have a "trunk" minor issued to breatheFood shells are little creatures that are filtered out of thesea.

BHow do mussels live?

Shellfish newly hatched larvae are carried by ocean currents small.Gradually grow hard skin on his bodyBasically, the skin will become very hard so that the mussels can not swim anymoreTheyattach themselves to rocks or menguur themselves in the sand.There they spent the rest of his lifeOnly a few shells that swim freelyto and froTo be fatmussels also need foodHowever, they are not the kind of animal huntersShellfish eat only what filtered out of theseaYou have to be careful of shells embedded in the rock. Hersharp can hurt your feet.


0 comments:

Post a Comment