Tumbuhan Hijau/ Green Plants FOR ELEMENTARY SCHOOL NATURAL SCIENCE


Tumbuhan Hijau

(Sumber: Asmawati, Puji.1995. Tanya Jawab Ilmu Pengetahuan Alam. Surakarta: Setiaji.)

Ø  Apakah yang dimaksud dengan fotosintesis? Proses pengubahan zat asam arang dan air menjadi makanan dengan bantuan sinar matahari.

Ø  Apakah yang dimaksud asimilasi? Arti sama dengan fotosintesis.

Ø  Apakah klorofil itu? Zat hijau daun.

Ø  Dari manakah karbon dioksida diambil oleh tumbuhan? Dari udara.

Ø  Jelaskan manfaat hasil asimilasi bagi tumbuhan! Sebagai makanan cadangan untuk tumbuhan dan bernapas, untuk berkembang biak.

Ø  Jelaskan kegunaan zat hijau daun pada tumbuhan hijau! Untuk tempat berlangsung fotosintesis.

Ø  Apakah yang dimaksud pembuluh kayu? Pembuluh yang terdapat di dalam batang berfungsi untuk menyangkut air dan mineral dari akar ke daun.

Ø  Dari manakah tumbuhan memperoleh bahan makanan? Dari dalam tanah dan udara.

Ø  Jelaskan kedudukan sinar matahari dalam proses fotosintesis! Sinar matahari memberikan energy untuk memasak makanan pada hijau daun.

Ø  Apakah nama lain stomata? Mulut daun.

Ø  Apakah sebutan lain untuk bulu-bulu akar? Rambut-rambut akar.

Ø  Apakah yang dimaksud rambut-rambut akar? Bagian dari akar yang halus dan merupakan penonjolan kulit luar akar.

Ø  Jelaskan manfaat rambut-rambut akar pada tumbuhan! Untuk menyerap air dan mineral dari dalam tanah.

Ø  Mengapa fotosintesis hanya berlangsung pada siang hari? Karena memerlukan sinar matahari.

Ø  Apakah stomata itu? Lubang yang terdapat pada daun yang sangat kecil dan tak dapat diilihat oleh mata telanjang sebagai tempat keluar masuknya CO2 dan O2.

Ø  Di manakah disimpan cadangan makanan pada tumbuhan? Di dalam umbi, buah, biji, batang dan akar.

Ø  Sebutkan contoh tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada akar! Ketela pohon dan kentang.

Ø  Apakah hasil dari fotosintesis? Karbohidrat dan oksigen.

Ø  Jelaskan proses fotosintesis! Di dalam sel daun berklorofil, CO2 dari udara dan air dari dalam tanah dengan bantuan sinar matahari diolah menjadi karbohidrat dan oksigen.

Ø  Mengapa stomata membuka pawa waktu siang hari? Karena pada siang hari tumbuhan itu menyerap karbon dioksida yang dipergunakan untuk fotosintesis melalui stomata.

Ø  Jelaskan yang dimaksud pembuluh tapis! Jalan yang dilalui oleh sari makanan dari hasil asimilasi ke seluruh tubuh tumbuhan.

Ø  Jelaskan kegunaan pembuluh kayu! Untuk mengangkut air dan mineral dari dalam tanah menuju ke daun.

Ø  Di manakah terdapat rambut-rambut akar? Di ujung akar.

Ø  Sebutkan contoh tumbuhan yang menyimpan makanan cadangan di dalam buah! Mangga, kedodong, jambu dan sebagainya.

Ø  Sebutkan contoh tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di dalam batang! Tebu.

Ø  Mengapa jamur tak dapat membuat makanan sendiri? Karena jamur tidak mempunyai klorofil.

Ø  Apakah tumbuhan saprofit itu? Tumbuhan yang bersumber makanannya sisa makhluk yang telah mati.

Ø  Bagaimanakah cara mengetahui tingkat pertumbuhan tumbuhan! Tumbuhan itu dalam waktu tertentu di ukur tingkat ketinggiannya.

Ø  Sebutkan macam akar yang kamu ketahui! Akar serabut, akar tunggang, akar gantung, akar tunjang dan sebagainya.

Ø  Sebutkan contoh tumbuhan tak berhijau daun! Jamur.

IN ENGLISH (with google translate Indonesian-english):

Green Plants
(Source: Asmawati, Puji.1995. Realtime Natural Sciences. Surakarta: Setiaji.)
 What is photosynthesis? The process of converting carbon dioxide and water substances into food with the help of sunlight.
 What is assimilation? Meaning similar to photosynthesis.
 Is that chlorophyll? Leaf chlorophyll.
 Where does the carbon dioxide taken up by plants? From the air.
 Explain the benefit of assimilation of plants! As a food reserve for plants and breathe, to breed.
 Describe the usefulness of leaf chlorophyll in green plants! To where photosynthesis takes place.
 What is timber vessel? Vessels contained in the trunk serve to involve water and minerals from the roots to the leaves.
 Where do plants obtain food? From the soil and air.
 Describe the position of the sun in the photosynthesis process? Sunlight provides energy to cook food on a green leaf.
 Is another name stomata? Mouth leaf.
 Is another name for root hairs? Root hairs.
 What are root hairs? Part of the fine roots and is a protrusion of the outer skin of the root.
 Explain the benefits of root hairs on plants! To absorb water and minerals from the soil.
 Why do photosynthesis only takes place during the day? Because it requires sunlight.
 Do stomata that? Holes contained in the leaves are very small and can not be diilihat to the naked eye as the exit point of CO2 and O2.
 Where are food reserves stored in plants? In the tubers, fruits, seeds, stems and roots.
 Identify examples of plants that store food reserves in the roots! Cassava and potato.
 What is the result of photosynthesis? Carbohydrates and oxygen.
 Describe the process of photosynthesis? Chlorophyll in the leaf cells, CO2 from the air and water from the soil treated with the aid of sunlight into carbohydrates and oxygen.
 Why Pawa stomata open during the day? Since the day that plants absorb carbon dioxide, which is used for photosynthesis through stomata.
 Describe the intended vessel filter! The path traversed by the results of assimilation of nutrients throughout the plant body.
 Explain the purpose timber vessel! To transport water and minerals from the soil into the leaves.
 Where are root hairs? At the end of the root.
 Identify examples of plants that store food reserves in the fruit! Mango, kedodong, guava and so on.
 Identify examples of plants that store food reserves in the trunk! Sugarcane.
 Why fungi can not make their own food? Because mushrooms have no chlorophyll.
 Is the plant saprophyte that? Plants were sourced food the rest of the dead creatures.
 How do I know the growth rate of plants! Plant it in a certain time in measuring the level of altitude.
 Identify kinds of roots that you know! Hairy roots, taproot, hanging roots, roots tunjang and so on.
 Identify examples of plants not berhijau leaves! Fungi.

0 comments:

Post a Comment