Penjelajahan/ Exploration FOR CLASIS XI IPS SPORTOLOGY


Penjelajahan

(Sukoco,Hari. Penjasorkes.Klaten:Kresna.)

A) Kegiatan Penjelajahan. Penjelajahan adalah suatu perjalanan kaki yang disertai dengan permainan atau petualangan. Bila penjelajahan itu menempuh jarak jauh maka dapat menggunakan alat transportasi seperti sepeda, perahu, atau kendaraan lainnya. Perjalanan yang demikian disebut perjalanan pengembaraan. Salah satu manfaat yang dapat diambil jika mengetahui situasi dan kondisi daerah yang akan digunakan kegiatan adalah dapat mempersiapkan peralatan dan perlengkapan yang sesuai dengan kebutuhan. Peralatan atau perlengkapan yang dibawa akan memenuhi kebutuhan, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Sebagai contoh, daerah yang akan dituju sering hujan, peserta kegiatan harus membawa peralatan untuk menghadapi hujan (misalnya jas hujan atau ponco). Jika daerah yang digunakan udaranya terlalu dingin atau anginnya kencang, peserta kegiatan harus membawa pakaian hangat (misalnya: jaket, kain, penutup kepala atau kethu). Manfaat lain jika sebelum berangkat sudah mengetahui kondisi dan situasi daerah yang akan digunakan kegiatan adalah tidak membawa peralatan atau perlengkapan yang tidak digunakan. Disamping tidak bermanfaat, peralatan atau perlengkapan yang tidak sesuai akan menambah beban dan merepotkan saat membawanya. Peralatan atau perlengkapan yang dibawa hendaknya multiguna artinya bahwa satu peralatan atau perlengkapan dapat digunakan atau difungsikan untuk berbagai kebutuhan misalnya topi baha dapat digunakan untuk perlindungan kepala dari terik matahari atau dari gigitan ular yang datang dari atas (pohon). Selain itu dapat digunakan untuk memasak dan mengambil air. Perlengkapan dan peralatan juga bergantung pada waktu penjelajahan yang akan dilaksanakan. Jika waktu yang digunakan untuk penjelajahan cukup lama, persediaan minum yang mudah diambil harus disiapkan. Penempatan tempat minum hendaknya yang praktis, yaitu mudah diambil tetapi aman sewaktu digunakan untuk berjalan. Jika waktu yang dihadapi malam hari, cahaya atau senter dan sejenisnya haruslah disiapkan. Perlengkapan untuk hiking tidak sama dengan perlengkapan untuk perkemahan atau pendakian. Perlengkapan untuk hiking harus dipilih sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan praktis. Alat yang ringan dan serbaguna sesuai untuk seorang hiker. Cara yang paling baik dalam merencakan perjalanan (hiking) adalah sebagai berikut. Buatlah daftar perlengkapan untuk hiking atau penjelajahan dan catatlah yang kemungkinan dipergunakan dalam kegiatan tersebut. Sesudah selesai, periksalah kembali dan coretlah alat yang tidak mutlak diperlukan. Perlengkapan kegiatan penjelajahan dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu sebagai berikut. Pertama, perlengkapa untuk tidur di luar (di alam terbuka), misalnya tenda, alas tidur, atau seslimut, kedua, perlengkapan utnuk memasak dan makan, ketiga, perlengkapan pribadi..

B) Prinsip Penjelajahan di Perbukitan atau Pegunungan.

1) Perjalanan penjelajahan perbukitan atau pegunungan amat menggembirakan, apabila tidak terlalu melelahkan. Anak merasa bangga apabila diperbolehkan menggendong ransel di punggungnya sendiri.

2) rencanakan tiap perjalanan ke bukit atau gunung dengan baik (peta, petunjuk, keterangan tentang penduduk).

3) pakailah pada perjalanan ke bukit atau gunung perlengkapan dan pakaian yang tepat terutama sepatu yang kuat dengan sol yang baik juga pakaian yang kedap air dan kedap oleh terpaan angin.

4) Perhatikan keadaan cuaca dan ramalan cuaca (musim).

5) Pikirkanlah lamanya saat kegiatan atau perjalanan. Buatlah pemberitahuan tetnang rute yang akan diambil dan tujuan yang akan dicapai. Hal itu penting karena dalam kaitannya dengan kemungkinan situasi darurat.

6) Berjalanlah sesuai dengan rencana agar kembali tepat waktunya.

7) Jangan melakukan penjelajahan sendirian.

8) Sesuaikan waktu dengan peserta yang paling lemah.

9) Jangan meninggalkan rute yang ada tandanya atau dengan kata lain jangan membuat rute sendiri jika memang rutenya sudah baku atau sudah ada.

10) Penggunaan sarana pertolongan (obat-obatan dan makanan serta minuman) seefisien mungkin.

11) Beristirahatlah setiap 2 (dua) jam sekali. Makanlah sedikit, tetapi sering.

12) Jangan menendang batu kecil ke bawah. Batu-batuan yang berjatuhan akan membahayakan kepada pendaki lain yang berada di bawah.

13) penurunan dari pegunungan kadang kala lebih sulit daripada saat mendaki.

14) pada waktu badan lelah, konsentrasi bianya berkurang.

15) supaya rute perjalanan yang kita lalui selalu bersih bawalah sampah (kotoran) ke bawah.

16) Janga memetik bunga. Biarkan tumbuhan dan tanaman hidup bebas tanpa terganggu oleh kegiatan manusia.

IN ENGLISH (with google translate Indonesian-english):

Exploration

(Sukoco, Day. Penjasorkes.Klaten: Krishna.)

A) Exploration Activity. Browsing is a walk accompanied by a game or adventure. If the exploration is a long distance, it can use transport such as bicycles, boats, or other vehicles. The ride was so called trip odyssey. One of the benefits that can be taken if you know the situation and condition of the area to be used activity is to prepare equipment and supplies as needed. Equipment or supplies that will be taken to meet the needs, in terms of both quality and quantity. For example, the area to be addressed is often rainy, activity participants should bring the equipment to deal with the rain (eg raincoat or poncho). If the area that used air is too cold or the wind strong, activity participants should bring warm clothing (eg, jackets, cloth, cover the head or kethu). Another benefit if before leaving already know the condition and situation of the area to be used activity is not bringing equipment or equipment that is not used. Besides not beneficial, equipment or supplies that do not fit will add to the burden and inconvenience while carrying. Equipment or supplies should be brought multipurpose means that the equipment or supplies may be used or functionalized for various needs such as baha caps can be used to protect the head from the sun or from a snake bite that comes from above (a tree). Moreover, it can be used for cooking and fetching water. The fixtures and fittings are also dependent on the time of exploration to be carried out. If the time spent browsing a long, easy drinking supplies taken to be prepared. The placement of the drink should be practical, but that is easily taken safely when used for walking. If time faced night, light or flashlight and the like to be prepared. The equipment for hiking is not the same as the equipment to camp or climb. Equipment for hiking should be chosen according to the needs and practical use. Lightweight and versatile tool suitable for a hiker. The best way to plan a trip (hiking) are as follows. Make a list of equipment for hiking or exploration and record the possibilities used in these activities. Once completed, please check back and coretlah tools that are not absolutely necessary. Supplies exploration activities can be divided into three parts, as follows. First, perlengkapa to sleep outside (in the open), such as tents, sleeping mats, or seslimut, secondly, cooking and eating equipment separately, third, personal equipment ..

B) Principle Browsing in hills or mountains.

1) exploration of hilly or mountainous journey is very exciting, if not too taxing. Children are allowed to feel proud when carrying a backpack on his back alone.

2) plan each trip to the hills or mountains as well (maps, directions, description of the population).

3) wear on a trip to a hill or mountain gear and proper clothing, especially sturdy shoes with good soles also wear a waterproof and resistant to wind.

4) Watch the weather and the weather forecast (in season).

5) Think about the length of time an activity or trip. Make notice 'guide on the route to be taken and the objectives to be achieved. This is important because in relation to the possibility of an emergency situation.

6) Walk in accordance with the plan to go back in time.

7) Do not carry out exploration alone.

8) Adjust the time with the weakest participant.

9) Do not leave the existing route sign or in other words do not make your own route if the route is clear or there.

10) The use of a means of relief (medicines and food and beverage) as efficiently as possible.

11) Take a break every 2 (two) hours. Eat a little, but often.

12) Do not kick a small rock down. Falling rocks would endanger the other climbers who were under.

13) decrease from the mountainous sometimes more difficult than climbing.

14) at the time the body was tired, Bianya concentration decreases.

15) so that the route we take through always clean litter (dirt) down.

16) Janga picking flowers. Let the herbs and plants to live freely without being disturbed by human activities.

0 comments:

Post a Comment