Sejenak Menjenguk Zaman Purba/ For a moment to visit the Ancient Period FOR GENERAL GENERAL PETROLIUM


Sejenak Menjenguk Zaman Purba

(Sumber: Ihsan. A. Zainoel.Minyakbumi.Jakarta:PenerbitPrasastiNusantara.)

                Pada zaman purba, beratus-ratus juta tahun yang silam, di bumi kita ini belum ada manusia, binatang ternak dan padang rumput yang seperti yang kita lihat sekarang.

Apa yang ada pada zaman itu?

                Di sana-sini, hanya terdapat tumbuh-tumbuhan dan binatang-binatang kecil yang sangat sederhana. Zaman itu disebut zaman tumbuh-tumbuhan dan binatang-binatangan sederhana.

                Konon, menurut penelitian para ahli, kebanyakan bagian dari bumi ini terdiri dari lautan dan danau-danau yang maha luas. Daratan yang kita tempati sekarang mungkin dahulunya adalah dasar lautan yang sangat dalam, tetapi setelah beratus-ratus juta tahun lamanya merupakan lipatan dari lapisan-lapisan kita bumi yang terdorong ke atas dan muncul ke permukaan.

                Baru pada kira-kira 500 juta tahun yang silam, mulai terdapat jenis-jenis yang agak besar, yang disebut “jenis tribolit”. Panjangnya kurang dari 7 ½ cm, dan ada juga yang mencapai panjang 60 cm, dengan berat kira-kira 7 ½ kg. zaman itu disebut zaman “Tribolit”. Tribolit menguasai lautan kira-kira 100 juta tahun lamanya, tetapi menurut perkiraan baru punah dalam jangka waktu 200 juta tahun kemudian. Pada zaman itu, belum ada binatang yang bertulang, baru kemudian muncul binatang bertulang belakang, yaitu “jenis ikan”. Karena cepatnya berkembang biak, maka setelah punahnya tribolit, lautan penuh sesak dengan ikan-ikan yang pertama. Maka dari itu, zaman itu disebut “zaman ikan”. Dinichtys adalah ikan yang paling dahsyat, mencapai panjang 6 meter, tubuhnya berlapiskan perisai. Demikian, kehidupan di bumi ini selalu berkembang sesuai dengan perubahan alam sekitarnya.

                Perubahan cara pernapasan dari dalam air ke udara, merupakan perkembangan kehidupan yang amat besar. Tumbuh-tumbuhan mulai naik ke daratan. Binatang darat yang pertama adalah sejenis kalajengking, yang kemungkinan telah ada pada waktu lautan penuh dengan tribolit. Para ahli menyebut Paleophonus atau pembunuh zaman purba yang dahsyat.

                Kira-kira 250 juta tahun yang silam, di daratan-daratan rendah mulai penuh dengan rawa-rawa dan hutan-hutan yang amat lebat. Pohon-pohon kebanyakan sejenis pakis-pakis raksasa dan lumut. Hutan-hutan itulah yang berjuta-juta tahun kemudian terpendam dan menjadi lapisan yang mengandung batubara. Zaman itu disebut zaman batubara. Sejenis capung, lipas dan laba-laba mulai ada pada zaman itu, juga siput dan keong, walaupun kesemuanya berukuran besar-besar. Sejenis binatang yang penting yang hidup di rawa-rawa pada zaman itu adalah amphibian, yang hidup mula-mula di air dan kemudian di darat. Katak adalah amphibian zaman sekarang. Mereka bertelur di dalam air, cebong yang menetas dari telurnya menyerupai ikan-ikan kecil dan bernafas melalui insang. Setelah kakinya mulai muncul terjadilah paru-paru menggantikan insang yang setelah dewasa mereka bernafaskan udara dan hidup di darat. Amphibian merupkan binatang purba yang pertama yang hidup di darat. Salah satu amphibian yang pertama adalah Eryops yang panjangnya lebih dari 2 ½ meter.

                Setelah zaman batubara yang berlangsung kira-kira 100 juta tahun lebih, mulailah tumbuh pohon-pohon pinus yang tinggi-tinggi dan di dalam air penuh dengan tumbuh-tumbuhan kecil yang hijau dan di atas tanah membentang luas padang-padang rumput.

                Sesuai dengan keadaan alam semacam itu, mulailah bermunculan binatang-binatang raksasa. Zaman itu adalah zaman kira-kira 135 juta tahun yang silam yang disebut zaman Reptil (binatang melata). Binatang-binatang raksasa jenis Dinosaaurus (kadal raksasa yang dahsyat). Ada jenis Dinosaurus pemakan tumbuh-tumbuhan dan ada juga pemakan daging. Jenis Dinosaurus pemakan tumbuh tumbuhan antara lain: Brontosaurus (kadal Guntur), Diplodocus, Stegosaurus (berperisai). Diplodocus merupakan reptile yang terpanjang, sebab dari ujung kepala ke ujung ekornya kurang lebih 20 meter panjangnya. Allosaurus adalah reptile pemakan daging yang tingginya hanya 4 ½ meter. Selain reptile yang hidup di darat, di lautan hidup juga reptile bentuk ikan raksasa tetapi tidak bersirip melainkan berdayung. Sebentar-sebentar reptile itu muncul ke permukaan untuk bernapas. Di udara hidup reptil terbang yang disebut Pterodactyl. Setelah pemakan tumbuh-tumbuhan seperti Brontosaurus dan Diplodocus berjuta-juta tahun hidup di bumi, mulailah timbul pegunungan-pegunungan di beberapa tempat. Rawa-rawa dan danau mulai mongering, sehingga makanan pun berkurang. Dinosaurus termasuk hewan yang berdarah dingin, sehingga mereka tidak tahan terhadap perubahan iklum yang mulai mendingin. Dinosaurus yang terakhir punah pada kira-kira 60 juta tahun yang silam.

                Datanglah kemudian zaman Mammalia (binatang menyusui) yang mungkin ikut mempercepat musnahnya Dinosaurus karena mereka melalap telur-telur Dinosaurus yang dirasanya sangat lezat.

                Demikian keadaan bumi berubah terus. Iklim di beberapa tempat menjadi kering, sehingga banyaklah hutan-hutan yang mati dan lenyap. Mulailah tumbuh padang-padang rumput yang luas. Hewan Eohippus yang pada masa 50 juta tahun yang silam sebesar musang, setelah berabad-abad kemudian berkembang menjadi setengah kuda atau Mesohippus. Mesohippus yang gemar makan rumput dan semak-semak berkembang terus dan menjadi hampir kuda atau Protohippus. Lama kelamaan binatang itu menjadi besar sampai mencapai bentuknya yang sempurna seperti sekarang yang kita kenal sebagai kuda. Jari-jarinya yang banyak menjadi lenyap, dan sampai sekarang terlihat  di bawah kulit kakinya terdapat tulang-tulang kecil, yang menandakan bahwa nenek moyangnya pernah berjari lebih dari satu. Binatang-binatang lainnya seperti gajah, harimau, beruang dan lainnya mengalami proses yang sama sehingga mencapai bentuknya yang kita lihat sekarang.

                Menurut penelitian para ahli, manusia purba mulai hidup di bumi kira-kira 2 juta tahun yang lalu dan tinggal di gua-gua. Tetapi menurut ajaran agama, manusia sempurna yaitu Nabi Adam diciptakan Tuhan.


IN ENGLISH (with google translate Indonesian-english):

For a moment to visit the Ancient Period
(Source: Ihsan. A. Zainoel.Minyakbumi.Jakarta: PenerbitPrasastiNusantara.)
In ancient times, a hundred million years ago, in our world there are no humans, livestock and pastures as we see now.
What was in those days?
Here and there, there were only plants and small animals are very simple. Age is called age of plants and animals-binatangan simple.
That said, according to research by experts, most parts of the earth is made up of oceans and lakes are vast. Land that we live here probably once been the bottom of the ocean is very deep, but after hundreds of millions of years is a bending of the layers of earth that pushed us up and come to the surface.
It was not until about 500 million years ago, from the types that are rather large, so-called "type tribolit". Length is less than 7 ½ cm, and there are also reaching a length of 60 cm, with a weight of approximately 7 ½ pounds. age is called age "Tribolit". Tribolit mastered the oceans about 100 million years, but according to new estimates extinct within 200 million years later. In those days, no animals were reinforced, and then appeared vertebrates, the "fish". Due to rapidly proliferate, then after the extinction tribolit, sea crowded with fish first. Therefore, the period was called the "age of fishes". Dinichtys is the most powerful fish, reaching a length of 6 feet, his body covered with a shield. Likewise, life on earth is constantly evolving according to the change of the natural surroundings.
Changes in the way of breathing in water into the air, a huge development of life.The plants begin to rise to the mainland. The first land animals is a kind of scorpion, which may have existed at the time the ocean is full of tribolit. Experts call Paleophonus or powerful ancient killer.
Approximately 250 million years ago, in the low lands began full of swamps and forests are very dense. The trees are mostly kind of giant ferns and moss. Forests that are millions of years later and became buried layer containing coal. Age is called age of coal. Some kind of dragonflies, cockroaches and spiders begin there at that time, also snails and slugs, although all of them are large-large.Important species of animal that lives in the swamp at the time it was amphibian, living first in water and then on land. Amphibian frog is today. They lay eggs in the water, tadpole hatched from eggs that resemble small fish and breathe through gills. Once his legs began to appear there lungs replace the gills as adults and they breathe air and live on land. Amphibian is the first ancient animals that live on land. One of the first amphibian Eryops length is more than 2 ½ feet.
After the coal era lasted about 100 million years, begin to grow pine trees high in the water and filled with small plants are green and vast stretches of land on the steppes.
In accordance with such a state of nature, start popping the giant beasts. Age is age approximately 135 million years ago called the age Reptiles (reptile).Impressive animals Dinosaaurus type (giant lizard powerful). There is a type of dinosaur-eating plants, and there are also meat eaters. Type-eating dinosaurs grow herbs include: Brontosaurus (thunder lizard), Diplodocus, Stegosaurus (armored). Diplodocus is the longest reptile, because from head to tip of tail about 20 feet in length. Allosaurus is carnivorous reptile is only 4 ½ feet tall.Besides reptiles that live on land, in the sea of ​​life is also a giant reptile shape but not finned fish but Rowing. Intermittently reptile came to the surface to breathe. In the air flying reptile called a living pterodactyl. After eating plants such as Brontosaurus and Diplodocus lived millions of years on earth, the mountains began to emerge in some places. Marshes and lakes began to dry up, so the food was reduced. Dinosaurs including cold-blooded animals, so they do not withstand to climate change that begins to cool. The last dinosaurs became extinct about 60 million years ago.
Come later age Mammalia (mammals) that may help speed the extinction of dinosaurs as they engulfed the dinosaur eggs which he felt was very tasty.
Similarly, the state of Earth's ever-changing. Climate is dry in some places, so many are dying forests and disappeared. Begin growing grassland areas.Animals Eohippus which in the past 50 million years ago by weasel, after centuries evolved into half-horse or Mesohippus. Mesohippus who love to eat grass and shrubs to grow steadily and become almost a horse or Protohippus.Eventually it became a large animal to achieve the perfect shape as it is now that we know as a horse. Many fingers to be gone, and until now visible under the skin of his leg bones are small, suggesting that their ancestors had fingered more than one. Other animals such as elephants, tigers, bears and others experiencing the same process so as to achieve the shape we see today.
According to research by experts, early humans began to live on the earth about 2 million years ago and lived in caves. But according to religion, the perfect man that God created Adam.

0 comments:

Post a Comment