Rongga Hidung, Mulut, Tekak dan Ilmu Kesehatan/ Cavity Nose, mouth, pharynx and Health Sciences FOR GENERAL MEDICAL


Rongga Hidung, Mulut, Tekak dan Ilmu Kesehatan

(Sumber: Soerjohardjo, Sadatoen. 2009.Ilmu Kesehatan Untuk SMA dan Sekolah-Sekolah yang Sederajat. Bandung:LubukAgung.)

1) Usaha menjauhkan diri dari penyakit. Penyakit yang masuk melalui rongga hidung, rongga mulut dan tekak adalah sangat banyak. Bukan hanyayang melalui bagian itu saja, yang menyerang bagian itu pun banyak pula. Misal dari penyakit itu adalah pilek, influenza, pneumonia, tonsillitis, diphterie, polio, dan masih banyak lagi.

                Banyak usaha untuk menghindari diri dari penyakit itu dengan:

1) menjauhlan diri dari orang-orang yang menderita penyakit tersebut di atas.

2) minum dari gelasnya masing-masing;

3) tangan sering dicuci bersih;

4) tidak memasukkan jari ke dalam lubang hidung dan mulut. Apakah semua ini sudah suatu jaminan, bahwa manusia sama sekali akan bebas dari penyakit itu? Usaha itu patut dihargai dan perlu dianjurkan kepada siapapun juga, karena memang itulah satu-satunya cara di samping mempertinggi daya pertahanan alam. Tetapi sebenarnyalah, usaha tersebut bukan suatu jaminan mutlak, bahwa seorang tidak akan di serang penyakit-penyakit. Ingatlah bahwa udara mengandung debu-debu yang halus da mengandung hama penyakit yang beraneka warna.

Ada orang yang secara teratur memakai obat kumur seperti gargarosma Kan, perhydrol dan lain-lain, supaya rongga mulut dan tekak tetap sehat. Ada yang secara teratur memasukkan obat tetes hidung sebagai prophylax. Usaha ini tentu ada manfaatnya, tetapi kalau memakainya terlalu sering dan banyak, dan tanpa nasehat seorang ahli, dapat pula merugikan orang itu sendiri. Obat itu lama-kelamaan dapat merangsang selaput lender hidup, mulut dan tekak, sehingga akhirnya akan terjadi suatu radang yang chronis.

                Ada pula yang sering menghisap tablek penicillin. Katanya untuk menjaga agar jangan sakit tenggorokan, dan lain-lain. Kebiasaan ini ada buruknya, karena lama-kelamaan baksil-baksil akan menjadi resistant (tahan).

                Dalam keadaan normal selaput lendir mengeluarkan suatu cairan, yakni lendir yang sifatnya melindungi selaput tersebut. Kotoran atau hama penyakit yang melekat pada selaput lendir itu dihanyutkan oleh lendir yang dibuatnya, sehingga tidak ada kesempatan untuk masuk ke dalam tubuh. Jadi sebanarnya alam sudah mengatur dengan seksama.

Gangguan-gangguan pernafasan:

Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, yakni: pilek, adenoids, bentuk tidak normal dari sekat rongga hidung, radang dari sinus, poliep-poliep hidung.

2) Pilek

Nama lainnya iala selesma, dalam bahasa Inggrisnya common colds. Penyakit ini adalah suatu penyakit yang boleh dibilang pernah diderita oleh setiap orang. Penyebarannya ialah virus. Yang diserang ialah bagian atas dari saluran pernafasan.

Gejala adalah sebagai berikut:

                Dari hidung terus keluar lendir, bersin saja, tenggorokan merasa nyeri dan suara parau, kepala merasa pusing. Biasanya tidak terdapat kenaikan suhu badan. Penyakit ini sering menyebabkan pernafasan menjadi agak sukar, karena jalan pernafasan tersumbat oleh ingus. Biasanya penyakit ini bila tidak terjadi penyulit (komplikasi), akan sembu dalam 2 minggu.

                Untuk meringankan penderitaan, orang sering makan acetosal, APC, thermagen, Aspro dan lain-lain. Lebih baik lagi bila di samping itu orang makan juga tablet-tablet vitamin C.

                Kadang-kadang ada orang yang pilek sampai berminggu-minggu lamanya. Dalam hal ini baiklah pergi ke dokter. Mungkin disebabkan oleh kelainan-kelainan pada sekat rongga hidung, radang chronis dari sinus. Mungkin pula karena kerentanan (gevoeligheid) orang tersebut atau karena sebab-sebab lain. Penyakit lepra yang menyerang selaput lendir hidupng pun menimbulkan gejala pilek yang tidak sembuh-sembuh. Janganlah menunggu sampai menghebat.

                Pencegahan:

a) menjauhkan diri dari sumber penularannya (penderita selesma).
b) mempertinggi daya pertahanan alam.

3) Adenoids. Dalam rongga hidung sebelah belakang di atas tekak terdapat suatu kelenjar yang disebut tonsil ke-3. Kelenjar ini pada anak kadang-kadang membesar, karena suatu infeksi. Pembesaran tonsil ke-3 ini disebut adenoids. Hal ini dengan sendirinya akan mengganggu jalan pernafasan. Roman muka anak yang menderita adenoids biasanya mudah dikenal, yakni:

a) kelihatan seperti anak bodoh;

b) sering-sering bengong;

c) mulut sering terbuka;

d) di sekolah anak seperti ini biasanya juga tidak maju dalam pelajarannya. Perhatian yang harusnya dicurahkan pada pelajaran, tidak ada atau kurang, karena selalu diganggu oleh pernafasan. Adenoids biasanya bersamaan dengan pembesaran tonsil-tonsil. Bila setelah berulang-ulang pengobatan kelenjar-kelenjar tersebut tidak mengecil, maka oleh dokter dipertimbangkan untuk mengobatinya secara operasi.

e) kalau tiddak ngorok. Waja adenoids kadang-kadang terdapat di antara murid-murid Sekolah Rakyat atau sekolah menengah.

4) Kelainan dari Sekat Rongga Hidung. Sekat rongga hidung ialah suatu sekat yang membagi rongga hidung menjadi 2 bagian. Secara teori sekat ini harus lurus bentukya, tetapi kebanyakan sekat itu tidak demikian halnya. Kebanyakan sekat rongga hidung bengkok bentuknya.
                Sekalipun pada umumnya sekat tidak menimbulkan gejala apa-apa kadang-kadang ada juga yang mengganggu kesehatan seperti sering mendapat serangan pilek, radang dari sinus dan lain-lain. Dalam keadaan seperti ini dokter tentu akan mengadakan pemeriksaan yang teliti. Bila ternyata kesalahan terletak pada sekat rongga hidung, maka sekat ini diperbaiki (dengan operasi).

5) Radang Sinus. Sinus ialah rongga dalam tulang-tulang wajah yang berhubungan dengan rongga hidunhg dengan perantara lubang kecil. Bagian dalamnya dilapisi orang selaput lendir yang terus menjadi satu dengan selaput lendir yang melapisi  rongga hidung. Pilek yang tidak sembuh (kurang lebih satu bulan atau lebih) mungkin disebabkan suatu radang yang sudah menjalar sampai ke sinus. Radang dari sinus disebut sinusitis. Pada umumnya gejalanya adalah:

a) rasa nyeri di daerah sinus itu,

b) pilek tidak henti-hentinya.

c) kepala pusing biasanya hanya sebelah saja.

d) kadang suhu badan naik.

e) kadang penderita terganggu oleh bau busuk dari hidungnya (gejala ini menunjukkan penyakit sinusitis yang sudah chronis).

Dalam keadaan seperti ini maka penderita perlu sekali mendapatkan perwatan seorang ahli.
Dalam hubungan penyakit ini perlu dikemukakan tentang caraq membuang ingus.
Sinusitis yang dibiarkan dapat terus menjalar ke selaput otak. Maka akan terjadi gejala yang lebih keras dan menyebabkan kematian.

Nasehat:

Pilek-pilek yang tidak sembuh-sembuh, apalagi yang disertai dengan bau busuk dalam hidung, perlu mendapat perawatan dari seorang ahli.

6) Poliep Hidung. Poliep ialah suatu tumbuhan yang berasal dari selaput lendir. Hal ini akan terjadi bila selaput lendir sering-sering meradang. Bila selaput lendir itu rentan, maka akibatnya ialah timbulnya tumbuhan tersebut. Pada umumnya orang  menyebut daging tumbuhan. Bila poliep terjadi, maka jalan pernafasan akan tersumbat dan kemungkinan akan terjadi radang dari sinus poliep itu secara operasi.

7) Tonsillitis. Bila mulut dibuka lebar-lebar, maka di sebelah dalam kanan-kiri akan terlihat sebuah benda kecil. Benda itulh yang disebut fonsil, yakni suatu kelenjar lymphe. Tentang gunanya tidak diketahui dengan jelas. Di duga  bahwa tonsil mempunyai penjagaan terhadap hama penyakit. Karena sesuatu infeksi tonsil dapat meradang. Gejala-gejala:

a) rasa nyeri pada waktu menelan makanan;

b) batuk;

c) kadang-kadang disertai dengan naiknya suhu badan;

4) pusing belaka.

                Bila mulut dibuka lebar-lebar akan tampak tonsil memperbesar, merah, mungkin tidak sekitar fosil tertentu.

                Tonsil banyak terdapat pada anak-anak. Bila seorang anak seringkali mendapat serangan tonsilits dan setelah diobati berkali-kali penyakit tidak hilang dan tonsil tetap besar saja, maka pertimbangkan untuk menghaancurkan tonsil itu dengan cara operasi.

IN ENGLISH (with google translate Indonesian-english):

Cavity Nose, mouth, pharynx and Health Sciences
(Source: Soerjohardjo, Sadatoen. 2009.Ilmu Health for school and schools are equal. Bandung: LubukAgung.)
1) efforts to distance themselves from the disease. Diseases that enter through the nasal cavity, oral cavity and pharynx is very much.Not hanyayang through that part alone, the attack was part of it much anyway. Examples of diseases that are common cold, influenza, pneumonia, tonsillitis, diphterie, polio, and many more.
Many attempts to prevent themselves from the disease by:
1) menjauhlan away from the people who suffer from the above.
2) drinking from a glass of each;
3) hands are washed clean;
4) does not put his finger into the nostrils and mouth. Is all of this is a guarantee that a man will be completely free of the disease? The effort was commendable and should be encouraged to anybody, because that's the only way in addition to enhancing the natural defense power. But indeed, the business is not an absolute guarantee that an attack would not be in the diseases. Remember that air containing fine dusts containing pest da colorful.
There are people who regularly use mouthwash as gargarosma Kan, perhydrol and others, oral cavity and pharynx in order to stay healthy. There are regularly include nose drops as prophylax. This effort would be worthwhile, but if you use it too often and a lot, and without the advice of an expert, it can also harm themselves. The drug was eventually able to stimulate mucus membrane life, mouth and pharynx, and eventually it will happen one Chronis inflammation.
There is also often suck tablek penicillin. He said to keep lest sore throat, and others. This habit was bad, because in the long run will be bacilli resistant (resistant).
Under normal circumstances the mucous membranes secrete a fluid, which protects its mucus membrane. Pest droppings or attached to the mucous membrane was washed away by mucus made, so no chance to get into the body. So sebanarnya nature has arranged carefully.
Respiratory disorders:
It can be caused by several things: colds, adenoids, abnormal shape of the nasal septum, inflammation of the sinuses, nose poliep-poliep.
2) Colds
Other names IALA influenza, common colds in the English language. This disease is an illness that arguably ever suffered by any person. Virus is spreading. That attack was the upper part of the respiratory tract.
The symptoms are as follows:
Kept out mucus from the nose, sneezing alone, throat pain and hoarseness, head felt dizzy. Usually there is no increase in body temperature. This disease often causes breathing to be rather difficult, because the road is blocked by respiratory mucus. This disease usually occurs when no complications (complications), will sembu in 2 weeks.
To relieve suffering, people often eat acetosal, APC, thermagen, Aspro and others. Better yet, if in addition the well eating vitamin C tablets
Sometimes there are people who have a cold for weeks ever. In this case, let go to the doctor. May be caused by abnormalities in the nasal cavity insulation, Chronis inflammation of the sinuses. It may also be due to vulnerability (gevoeligheid) the person is or because of other reasons. Leprosy, which attacks the mucous membranes hidupng any cause cold symptoms that do not go away. Do not wait until intensified.
Prevention:
a) keep away from the source of infection (common cold sufferers).b) enhance the natural defense power.
3) Adenoids. In the back of the nasal cavity in the pharynx there is a gland called tonsil-3. These glands in children are sometimes enlarged, due to an infection. Enlarged tonsils to-3 is called adenoids. This by itself would interfere with the breathing. Children who suffer from facial adenoids usually easily recognized, namely:
a) look like a fool;
b) often filmed;
c) often open mouth;
d) in school children as it usually does not progress in his studies.Attention should be devoted to the subject, there is no or less, because it is always plagued by breathing. Adenoids usually in conjunction with enlarged tonsils-tonsil. If after repeated treatment of the glands is not reduced, then by doctors considered to treat surgically.
e) if tiddak snoring. Waja adenoids sometimes occur between Primary school pupils or secondary school.
4) Abnormalities of the Nasal Cavity Insulation. Nasal septum is the partition that divides the nasal cavity into two parts. In theory this should be straight bentukya bulkhead, but most bulkhead was not the case. Most crooked nasal septum forms.
 
Although generally septum does not cause any symptoms sometimes there is also detrimental to health such as frequent attacks colds, inflammation of the sinuses and others. In these circumstances the doctor certainly will hold a thorough examination.When was the fault lies in the nasal septum, the partition is repaired (by surgery).
5) Inflammation of the sinuses. Sinuses are cavities in the bones of the face associated with hidunhg cavity with a small hole intermediaries. The inside is coated with the mucous membrane which continues to be one with the mucous membranes lining the nasal cavity. Colds are not healed (about a month or more) may be due to an inflammation that has spread to the sinuses. Inflammation of the sinuses is called sinusitis. In general symptoms are:
a) pain in the sinus area, the
b) never-ending cold.
c) headache is usually just next to it.
d) sometimes temperature rises.
e) sometimes people bothered by the stench of the nose (sinusitis symptoms indicate disease that has Chronis).
In these circumstances the patient is essential to get perwatan an expert.In this connection it should be mentioned about the disease caraq snot.Sinusitis is allowed to continue to spread to the lining of the brain.There will be symptoms of more severe and lead to death.
Advice:
Colds, runny nose that does not heal, especially accompanied by a foul smell in the nose, should get treatment from an expert.
6) Poliep Nose. Poliep is a plant that comes from the mucous membranes. This will occur when the mucous membranes often inflamed. When the mucous membrane is vulnerable, then the result is the emergence of these plants. In general, people refer to meat plants. When poliep occurs, then the road will be blocked and breathing might occur poliep inflammation of the sinuses that are operating.
7) Tonsillitis. When the mouth is opened wide, then the next to the right-left will see a small object. Itulh objects called fonsil, which is a gland lymphe. On point is unknown. In tonsils have guessed that guard against pests and diseases. Because something can be inflamed tonsil infections. The symptoms:
a) pain on swallowing food;
b) cough;
c) is sometimes accompanied by a rise in body temperature;
4) dizziness alone.
When the mouth is opened wide will appear tonsils enlarge, red, maybe not about a particular fossil.
Tonsils are a lot of children. When a child is often under attack tonsilits and after treatment many times the disease is not lost and remain large tonsils alone, then consider menghaancurkan tonsils were surgically.

0 comments:

Post a Comment