Magnet Bumi/ Earth Magnet FOR GENERAL COMPASS GENERAL


Magnet Bumi

(Sumber: Soetadi, R. 1985. Kompas. Jakarta: RosdaJayaputra.)

Medan Magnet Bumi

                Medan magnet sekitar sebuah magnet batang. Sekarang akan diuraikan medan magnet bumi. Jika sebuah magnet batang digantung di tengah-tengahnya dan dapat bergerak bebas, maka akan berhenti pada arah kira-kira utara-selatan. Ke arah manakah posisi magnet batang yang lain juka berhenti pada gantungannya? Kira-kira kea rah utara-selatan pula. Jadi, pada umumnya magnet batang yang digantungkan di tengah-tengahnya secara bebas mengarah kia-kira ke utara-selaan. Yang menyebabkan magnet batang berhenti pada arah tertentu adalah magnet adalah magnet bumi kita.

                Saudara telah mengerti bahwa di sekitar magnet batang terdapat medan magnet, bukan? Di sekitar bumi terdapat pula medan magnet yang luas sekali. Medan magnet itu rupa-rupanya dihasilkan oleh magnet yang sangat besar yang berada dalam bumi kita sendiri. Magnet besar tadi mempunyai kutub selatan yang menunjukkan ke arah utara dan kutub utara yang menunjuk ke arah selatan. Gaya di dalam medan magnet bumi mempengaruhi tiap magnet batang yang digantung dengan bebas sehingga semuanya menunjuk ke arah kira-kira utara-selatan.

                Pada tahun 1600 William Gilbert member petunjuk bahwa bumi sendiri merupakan magnet yang besar.

Deklinasi

                Saudara mungkin pernah mendengar kata deklinasi. Anggaplah uraian ini sebagai ulangan. Kutub magnet bumi bumi tidaklah sama dengan kutub utara atau selatan geografi bumi. Kutub magnet terletak berjauhan dari kutub bumi. Tiap-tiap tempat di bumi mempunyai meridian geografi dan meridian magnet. Meridian geografi adalah permukaan datara yang memuat suatu tempat beserta kutub geografi. Meridian magnet adalah permukaan datar yang memuat suatu tempat beserta kutub magnet. Sudut antara meridian magnet dan meridian geografi disebut deklinasi.

                Besarnya sudut deklinasi dipelbagai tempat di bumi berbeda-beda. Sudut ini berubah sedikit demi sedikit menurut waktu. Hal ini disebabkan oleh perubahan dalam medan magnet bumi.

                Para navigator memperhatikan sekali deklinasi pada peta deklinasi dalam usaha menentukan arah. Bagaimana caranya? Apabila di tempat tertetnu diketahui deklinasinya, maka dari arah yang dibaca pada kompas dapat dihitung arah utara-selatan sejati. Untuk keperluan pelayaran dan penerbangan disusun peta deklinasi. Untuk membuat peta itu dilakukan survey pengukuran magnet. Caranya yaitu dengan mengadakan pengukuran magnet di tempat-tempat tertentu di seluruh Indonesia. Bahkan untuk membuat peta deklinasi ini perlu diadakan kerja sama dengan luar negeri dalam bidang magnet.

                Jarum kompas ternyata tidak menunjuk ke arah utara sejati, tetapi membuat suatu sudut dengan arah utara sejati. Sudut inilah yang disebut deklinasi. Deklinasi disebut positif kalau jarum menunjuk ke sebalah timur, dan negative kalau menunjuk ke sebelah barat dari bidang meridian.

                Posisi jarum magnet dalam kompas tidak selalu dapat tepat mendatar, tetapi membuat suatu sudut. Sudut antara arah jarum kompas dan bidang mendatar disebut inklinasi. Inklinasi disebut positif kalau kutub pencarian utara menunjuk kebawah, dan negative jika menunjuk ke atas bidang mendatar. Inklinasi ditemukan oleh Robert Norman pada tahun 1576.

                Besarnya deklinasi dan inklinasi tidak selalu sama untuk tiap-tiap tempat. Di tempat di mana posisi jarum kompas datar, inklinasi adalah nol. Tempat-tempat dengan inklinasi nol terletak pda lingkaran yang megelilingi bumi. Lingkaran ini dinamai khatulistiwa magnet bumi. Lingkaran tadi disebut pula ekuator magnet bumi atau aklin. Di sebelah mana dari khatulistiwa bumi kita letaknya aklin ini> ekuator magnet sebagian berada di sebelah selatan ekuator bumi, tetapi ada bagian yang berada di sebelah utaranya. Tempat-tempat di mana inklinasi adalah sama dengan 90o atau di mana jarum magnet berdiri tegak lurus dinamai kutub magnet bumi.

Kutub Magnet Bumi

                Kutub magnet bumi bukanlah merupakan suatu titik. Oleh karena itu, mengenai kutub magnet bumi perlu penjelasan lebih lanjut.

                Ada kutub magnet bumi utara dan kutub magnet bumi selatan. Pada kutub magnet bumi utara kutub pencari utara jarum kompas menunjuk ke bawah dan kutub pencari selatan menunjuk ke atas. Sebaliknya kutub magnet bumi selatan kutub pencari selatan jarum kompas menunjuk ke bawah dan kutub pencari utara menunjuk ke atas.

                Kutub magnet selatan berada di belahan bumi utara dan terletak kira-kira pada 74olintang utara-101o bujur barat (sebelah utara Kanada). Kutub magnet bumi utara berada dibelahan bumi selatan dan terletak kira-kira 68olintang selatan-144o bujur timur (sebelah selatan Australia). Mungkin saudara mengira kutub magnet tadi merupakan suatu titik. Sebenarnya bukanlah demikian. Kutub magnet bumi bukan suatu titik. Kutub magnet ini boleh dikatakan merupakan suatu daerah di mana inklinasi kebanyakan menunjukkan 90o. telah banyak usaha untuk menentukan induk dari kutub magnet, tetapi selalu ditimpa banyak kesukaran.

                Beberapa tokoh pernah berusaha mencapai lokasi kutub magnet. Di antaranya dapat dikemukakan sebagai di bawah ini. Ternyata hasilnya berbeda-beda.

                Pada tahun 1831 Kapten James Clark Ross menentukan lokasi kutub magnet utara pada 70o05’ lintang utara-90o46’ bujur barat. Pada tahun 1903-1906 Kapten R. Amundsen menentukan kutub magnet utara pada 71o lintang utara-96obujur barat.

                Pada tahun 1909 Douglas Mawson selama ekspedisi shackleton menentukan lokasi kutub magnet selatan pada 72o25’ lintang selatan-155o16’ bujur timur.

                Tiap-tiap tempat mempunyai deklinasi. Dari hasil pengukuran magnet, khususnya deklinasi, disusun peta deklinasi. Untuk ini tidak jarang diperlukan bahan hasil survey dari luar negeri. Dalam peta deklinasi tampak garis-garis yang menghubungkan tempat-tempat dengan deklinasi yang sama. Garis ini dinamai garis isogon. Garis-garis yang menghubungkan tempat-tempat dengan deklinasi nol disebut agon.

                Dalam peta inklinasi, garis-garis yang menghubungkan tempat-tempat dengan inklinasi yang sama dinamai isoklin. Garis dengan inklinasi nol disebut aklin.

Penyimpangan dan Gangguan dalam Bidang Magnet BUMI

                Mengenai perubahan magnet bumi diadakan pembedaan yaitu perubahan sehari-hari dan perubahan sekuler. Perubahan sehari-hari terjadi dalam jarak waktu satu hari. Selama ini tampak adanya perubahan kecil pada deklinasi dan inklinasi. Jadi selama 24 jam berulang-ulang terjadi perubahan kecil. Perubaha kecil ini tidak mempunyai pengaruh. Perubahan sekuler mempunyai jarak waktu beberapa puluh tahun. Untuk ini dapat dibuat angka rata-rata tahunan. Kecuali perubahan sehari-hari dan sekuler ada lagi perubahan karena gangguan setempat. Gangguan ini sering terjadi di dekat pantai. Misalnya waktu melewati sebuah pulau dan laut yang dangkal. Dari mana datangnya gangguan tadi? Munkin disebabkan oleh sifat dari dasar laut. Untuk gangguan setempat masih dapat diadakan pembedaan. Gangguan alami yang disebabkan misalnya oleh benda magnet di dalam tanah. Ada lagi yang disebut gangguan buatan. Misalnya disebabkan oleh pipa leding, kerangka besi dan lain-lainnya.

                Perubahan sekuler dan harian ditemukan oleh Gellibrand pada tahun 1634. Khususnya pada siang hari bervariasi dalam magnitude atau kekuatan dan dalam sifat menurut posisi geografis dan musim.

                Garis yang menghubungkan tempat-tempat dengan perubahan tahunan yang sama dinamai isopor. Perubahan ini barangkali tergantung dari kedudukan bumi terhadap matahari.

                Ada lagi gangguan yang mempunyai pengaruh yang besar dan terjadi dengan tiba-tiba. Lagi pula gangguna ini mencakup daerah yang luas sekali. Gangguan ini disebut badai magnet. Badai magnet menimbulkan perbedaan dalam medan magnet bumi dan menimbulkan penyimpangan dalam kompas. Badai magnet ditimbulkan kerana terjadinya bintik-bintik di lapisan luar matahari yang disebut fotosfera. Gangguan akibat badai magnet tercatat oleh magnetograph. Magnetograph ialah satu set alat magnet yang dapat mencatat sendiri elemen-elemen atau besaran magnet bumi dengan gangguannya termasuk gangguan badai magnet.

                Pada magnetogram atau pias di mana besar magnet btercatat tampai penyimpangan menonjol, penyimpangan ini terjadi waktu timbul badai magnet pada tanggal 25 Juli 1981.

                Kadang-kadang dengan menggunakan teropong dapat dilihat bntik-bintik pada permukaan matahari. Bintik-bitnik merupakan daerah yang suhunya 1500o lebih rendah daripada lingkungannya. Hal ini disebabkan oleh terjalangnya kepulan gas panas dari bagian dalam matahari. Halangan ini disebabkan oleh gangguan magnetic pada matahari.

                Bintik-bintik di matahari untuk pertama kali dilihat pada tanggal 16 Mei 1943.

                Jarum kompas mengalami penyimpangan besar akibat badai magnet. Penyimpangan ini akan lebih besar lagi pada garis lintang yang lebih tinggi daripada digaris lintang yang lebih rendah.

                Pada umumnya badai magnet tercatat oleh magnetograph kurang lebih sehari setelah terjadinya ledakan di matahari hingga menyemburkan lidah api dari permukaan matahari. Ledakan di matahari tadi menimbulkan badai magnet dan gejala-gejala lain. Di bawah ini disajikan gejala lainnya. Misalnya aurora dan gangguan gelombang radio dengan frekuensi tinggi untuk jarak jauh.

Aurora

                Akibat ledakan di matahari, antara lain dipancarkan partikel-partikel bermuatan listrik. Partikel-partikel yang menuju bumi masuk ke dalam magnet bumi. Oleh medan magnet bumi partikel-partikel ini diarahkan ke daerah sekitar kutub magnet bumi. Setelah masuk dalam atmosfer, partikel-partikel menimbulkan gejala aurora. Aurora kadang-kadang tampak di langit sekitar kutub magnet bumi pada malam hari yang cerah. Gejala ini tampak seperti cahaya di langit yang berbentuk pita. Di belahan bumi utara dinamai aurora borealis dan yang berada di belahan bumi selatan disebut aurora australis.

Gangguan Gelomang Radio

                Pemancar gelombang radio dengan frekuensi tinggi pada umumnya memerlukan lapisan tertentu di angkasa sebagai alat pemantul untuk penyinaran jarak jauh. Lapisan ini dinamai lapisan ionosfera. Pada siang hari terdiri atas empat lapisan dan pada malam hari hanya satu lapisan, lapisan ini berada kurang lebih pada ketinggian 80-400 km di atas permukaan bumi. Akibat ledakan di matahari sinar ultra violet banyak dipancarkan. Sinar ini banyak mempengaruhi lapisan ionosfer, terutama lapisan terendah. Lapisan ini merupakan lapisan penyerap dan menjadi sangat tebal akibat sinar ultra violet. Lapisan ini praktis menyerap semua frekuensi gelombang radio dan penerimaan gelombang radio praktis tidak mungkin. Dengna perkataan lain gelombang radio terganggu.

IN ENGLISH (with google translate Indonesian-english):

Earth Magnet
(Source: Soetadi, R. 1985. Kompas. Jakarta: RosdaJayaputra.)
Earth's Magnetic Field
The magnetic field around a bar magnet. Now be described Earth's magnetic field. If a bar magnet hung in the middle and can move freely, it will stop at the direction roughly north-south. Which position towards the other magnet Juka stop on hangers? Roughly north-south towards anyway. So, in general magnet hung in the middle leads freely kia-guess to the north-break. Which causes the bar magnet stops in a particular direction is our earth magnet is a magnet.
You have already understood that there are around a bar magnet magnetic field, is not it? Around the world, there is also a vast magnetic field. The magnetic field was apparently produced by a very large magnet that is in our own earth. Large magnetic south pole is having an exhibit to the north and the north pole pointing to the south. Style in the Earth's magnetic field affect each bar magnet suspended freely so that all point in the direction roughly north-south.
In 1600 William Gilbert member clue that the earth itself is a big magnet.
Declination
You may have heard the word declination. Think of this as a description of replications. Earth's magnetic poles of the earth is not the same as geographic north or south pole of the earth. Magnetic pole is located far away from the poles of the earth. Every place on earth has the geographical meridian and magnetic meridian. Meridian geography is Datara surface that contains a place and its geographic poles. Meridian magnet is a flat surface that contains somewhere along the magnetic poles. The angle between the magnetic meridian and the geographic meridian is called declination.
The amount of declination angle dipelbagai place on earth is different. This angle is changed little by little by time. It is caused by changes in the Earth's magnetic field.
The navigator attention once declination declination on the map in an attempt to determine the direction. How? When in place tertetnu known deklinasinya, then read from the compass direction can be calculated true north-south direction. For the purposes of shipping and aviation maps compiled declination. To make a map of the magnetic measurement survey was done. The trick is to hold the magnetic measurements at certain places throughout Indonesia. Even to make a map of the declination is needed to be cooperation with overseas in a magnetic field.
The compass was not pointing in the direction of true north, but made an angle with the direction of true north. The angle is called declination. Declination is called positive if sebalah needle pointing to the east, and negative if it points to the west of the field meridian.
The position of the magnetic needle in a compass is not always exactly flat, but made an angle. The angle between the directions of the compass and the horizontal plane is called inclination. Inclination is called positive if north pole pointing down search, and negative if it points to the horizontal plane. Inclination was discovered by Robert Norman in 1576.
The amount of declination and inclination are not always the same for each place.In the place where compass needles flat position, the inclination is zero. Places with zero inclination lies pda megelilingi circle the earth. The circle is named after the earth's magnetic equator. The circle is also called the Earth's magnetic equator or aklin. On the right of the equator where our planet is located aklin> magnetic equator in the south part of the earth's equator, but there are parts that are in the north. The places where the inclination is equal to 90o or where the needle perpendicular magnetic stand named after Earth's magnetic poles.
Earth's Magnetic Pole
Earth's magnetic pole is not a point. Therefore, the Earth's magnetic poles need further explanation.
There are Earth's magnetic north pole and south magnetic poles of the earth. At the Earth's magnetic poles north poles seekers compass needle pointing north down and south poles pointing upward search. Instead south magnetic poles of the earth south pole seekers compass needle pointing down and search north pole pointing up.
South magnetic pole in the northern hemisphere and is located approximately at latitude 74o-101o north west longitude (north of Canada). Earth's north magnetic pole is southern hemisphere and is located approximately south latitude 68o-144o east longitude (south Australia). Maybe you thought last magnetic pole is a point. Actually, not so. Earth's magnetic pole is not a point. Magnetic pole is arguably an area where most of the shows 90o inclination. been many attempts to determine the parent of the magnetic poles, but always suffered much hardship.
Some leaders tried to reach the location of the magnetic poles. Which can be expressed as below. But the result is different.
In 1831 Captain James Clark Ross specify the location of the magnetic north pole at 70o05 'north latitude-90o46' west longitude. In 1903-1906 Captain R.Amundsen determine the magnetic north pole in northern latitudes 71o-96o west longitude.
In 1909 Douglas Mawson during Shackleton expedition south magnetic poles locate at 72o25 'south latitude-155o16' east longitude.
Each place has a declination. From the results of magnetic measurements, in particular declination, declination maps compiled. For this it is not uncommon necessary survey material from abroad. In declination map looks the lines connecting places with the same declination. The line is named after isogon line.The lines that connect places with zero declination called agon.
In the map of inclination, the lines connecting places with the same inclination named isoklin. The line with an inclination of zero is called aklin.
Deviations and Disorders in the Field Magnet EARTH
Regarding changes in the Earth's magnetic held distinction that changes daily and secular changes. Changes occur daily within one day. All this seems a small change in declination and inclination. So for 24 hours repeated minor changes.This little Perubaha had no effect. Secular changes have interval of a few tens of years. To this can be made an annual average rate. Unless it changes daily and is no longer secular changes due to local disturbances. This disorder often occurs near the shore. For example, when passing an island and the sea is shallow.Whence came the interruption? Munkin due to the nature of the seabed. For local disturbance can still be held distinction. Natural disturbances caused for example by magnetic objects in the ground. There is another called artificial interference.For example, due to the plumbing, metal frame and others.
Secular changes and daily discovered by Gellibrand in 1634. Especially during the day varies in magnitude or strength, and in the nature according to its geographical position and season.
Line connecting places with the same annual change isopor named. These changes may depend on the position of the earth to the sun.
There is another disorder that has a great influence and occur suddenly. Anyway gangguna covers a vast area. This disorder is called a magnetic storm. Magnetic storms cause differences in the Earth's magnetic field and cause deviations in the compass. Kerana magnetic storm caused the occurrence of spots on the outer layer of the sun called fotosfera. Disorders caused by magnetic storms recorded by the magnetograph. Magnetograph is a set of tools to record their own magnetic elements or magnets scale earth disturbances including magnetic storm disturbance.
In the magnetogram or PIAs where the magnet btercatat tampai prominent deviation, this deviation occurs when a magnetic storm arose on July 25, 1981.
Sometimes it can be seen using binoculars bntik-spots on the surface of the sun.BITNIK spots are regions where the temperature is lower than 1500o environment. It is caused by terjalangnya clouds of hot gas from the inside of the sun. Obstruction is caused by magnetic disturbances on the sun.
Spots on the sun for the first time seen on May 16, 1943.
Compass needle had large deviations due to magnetic storms. Deviations will be greater at higher latitudes than lower latitudes underlined.
In general, the magnetic storm recorded by magnetograph approximately a day after an explosion in the sun until spouting flames from the sun's surface.Explosions in the sun was causing magnetic storms and other symptoms. The following are other symptoms. For example, aurora and disturbances with high frequency radio waves to remotely.
Aurora
As a result of the explosion on the sun, such as charged particles emitted power.Particles toward Earth into the Earth's magnetic. By the Earth's magnetic field these particles are directed to the area around the Earth's magnetic poles. Once in the atmosphere, the particles causing the aurora phenomenon. Aurora is sometimes seen in the sky around the Earth's magnetic poles on a sunny evening.This phenomenon looks like a light in the sky in the form of ribbons. In the northern hemisphere are called aurora borealis, and southern hemisphere are called aurora australis.
Disorders Gelomang Radio
Transmitter with high frequency radio waves usually require a certain layer reflectors in space as a tool for long-distance illumination. This layer is called layer ionosfera. By day consists of four layers and at night only one layer, this layer is approximately 80-400 km altitude above the Earth's surface. Due to the explosion in the sun's ultra violet rays emitted lot. These rays are influenced layers of the ionosphere, especially the lowest layer. This layer is a layer of absorbent and becomes very thick due to ultra violet rays. This layer absorbs practically all frequency radio waves and radio wave reception is practically impossible. Other words dengna disrupted radio waves.

0 comments:

Post a Comment