Bagaimana Mengola Minyak Mentah?/ How processing Crude Oil? FOR GENERAL GENERAL PETROLIUM


Bagaimana Mengola Minyak Mentah?

(Sumber: Ihsan, Zainoel. Minyak Bumi. Jakarta: Penerbit Prasasti Nusantara.)

                Apakah bensin yang dijual di pompa-pomba bensin itu langsung diambil dari sumber minyak? Tidak! Bensin adalah salah satu hasil dari pengolahan minyak mentah.

                Minyak mentah yang baru keluar dari sumbernya tidak dapat langsung dipergunakan, tetapi harus lebih dahulu diolah. Maka dari itu, pertama minyak mentah dikumpulkan dalam tangki-tangki untuk dipisahkan gas dan air yang terbawa dari dalam tanah. Kemudian dipindahkan ke tempat penyulingan untuk diolah menjadi berbagai bahan bakar (bensin, minyak tanah dan lain-lain) , pelumas, aspal, dan bahan kimia.

                Minyak mentah adalah campuran persenyawaan hydrocarbon, yang berupa gas, cairan dan padat pada suhu dan tekanan atmosfir. Titik didihnya berurut dari suhu yang sangat rendah sampai ke suhu yang tinggi. Pada tahap pertama pengolahan minyak mentah dipisahkan sesuai dengan titik didih dalam pabrik penyulingan. Jadi dalam pabrik penyulingan itu minyak mentah dipisah-pisahkan menjadi beberapa macam menurut titik didihnya.

Fraksi (pemisahan) pertama yang paling ringan adalah gas, yang dapat dipergunakan sebagai bahan bakar, atau diolah lebih dahulu.

                Fraksi kedua adalah neptha yang dapat dijadikan bahan dasar untuk bensin, premium dan super, atau apabilah dikehendaki dapat pula dijadikan bahan dasar untuk petrokimia (yaitu bahan-bahan yang dihasilkan dari minyak dengna proses kimiawi).

                Fraksi berikutnya, merupakan fraksi terberat yang disebut residu, dapat dijadikan bahan dasar untuk ketel uap, atau diolah lebih lanjut. Bilamana mengadung aspla, maka itu diolah dalam penyulingan hampa sehingga menghasilkan residu yang lebih berat untuk dijadikan aspal.

                Pengolahan biasanya dilakukan lebih lanjut, karena pada umumnya hasil pengolahan tahap pertama belum memenuhi syarat-syarat pemakaian.

                Pada waktu Kolonel Drake untuk pertama kalinya melakukan pengeboran pada tahun 1859, dia mengira bahwa minyak bumi hanya menghasilkan minyak tanah saja (kerosin). Dia dan generasinya pada waktu itu, tidak mempunyai pandangan, bahwa masih banyak jenis bahan lain yang dapat dihasilkan dari minyak bumi untuk pemakaian yang lebih besar.

                Pada zaman modern sekarang, semakin banyak dilakukan pengolahan, maka hampir pada setiap pengolahan diperoleh produk-produk lain yang dapat dijadikan bahan dasar petrokimia yang diperlukan untuk pembuatan bahan-bahan: plastic, obat pembasmi serangga, bahan dasar kosmetik dan barebagai hasil petrokimia lainnya.

IN ENGLISH (with google translate Indonesian-english):

How processing Crude Oil?
(Source: Ihsan, Zainoel. Crude Oil. Jakarta: Publisher inscription archipelago.)
Is the gasoline sold at the pump station Pomba was directly taken from the oil resources? No! Gasoline is one of the results of the processing of crude oil.
Crude oil coming out of the source can not be directly used, but it must first be processed. Therefore, the first crude oil was collected in separate tanks for gas and water washed from the soil. Then transferred to a refinery to be processed into a variety of fuels (gasoline, kerosene, etc.), lubricants, bitumen and chemicals.
Crude oil is a mixture of hydrocarbon compounds, in the form of gas, liquid and solid at ambient temperature and atmospheric pressure. Sequential boiling point of a very low temperature to a high temperature. In the first stage of processing crude oil is separated according to boiling point in a distillery. So in the refinery's crude oil separated into several types according to their boiling points.
Fraction (separation) is the first of the lightest gas, which can be used as fuel, or treated first.
The second faction is neptha that can be used as the basis for gasoline, premium and super, or apabilah desired can also be used as a base material for petrochemicals (ie materials produced from the oil dengna chemical process).
Next faction, a faction called the toughest residue, can be used as the basis for a boiler, or processed further. When mengadung aspla, then it is processed in the vacuum distillation to produce a heavier residue to be asphalt.
Treatment is usually carried further, because in general the results of the first stage of processing has not met the terms of use.
At the time of Colonel Drake drilled for the first time in 1859, he thought that the only petroleum producing only kerosene (kerosene). He and his generation at the time, had no view, that there are many other types of materials that can be produced from petroleum to greater use.
In modern times, more and more processing is done, then in almost every processing obtained other products that can be used as raw material required for the manufacture of petrochemical materials: plastic, insecticides, cosmetic ingredients and other petrochemical barebagai results.

0 comments:

Post a Comment