Penyakit Cacar (Variola)/ Diseases Smallpox (Variola) FOR GENERAL MEDICAL


Penyakit Cacar (Variola)

(Sumber: Soejohardjo, Sadatoen. 2009. Ilmu Kesehatan untuk SMA dan sekolah-sekolah yang Sederajat. Bandung: LubukAgung.)

1) Sebab Penyakit Cacar. Penyakit ini disebabkan oleh sebangsa virus. Yang diserang ialah seluruh tubuh, tetapi gejala-gejala yang tampak jelas ialah pada kulit dan selaput lendir. Cara menularkan ialah melalui rongga hidung. Masa tunasnya kurang lebih 10 hari.

2) Gejala-gejala Penyakit cacar

Gejala-gejala pada umumnya ialah:

Sekonyong-konyong mendapat serangan demam, kadang-kadang sebelumnya didahului dengan menggigil, atau dengan muntah-muntah. Di samping demam, kepala terasa pusing sekali, daerah pinggang dan sendi-sendi terasa pegal. Setelah beberapa hari, suhu badan menjadi normal kembali, tetapi bersamaan dengan turunnya suhu keluarlah binti-bintil merah di seluruh badan, yang mulainya dari lengan, kepala, dan tungkai, kemudian menjalar ke bagian badan. Bintil-bintil yang kecil merah bulat itu lama-lama makin besar, tak lama antaranya di dalamnya terdapat cairan, maka terjadilah gelembung-gelembung yang bercairan. Lambat laun warna cairan itu menjadi keruh dan permukaan gelembung itu akan turun dan berkerut-kerut (ambles). Cairan dalam gelembung sekarang mengandung nanah. Nanah ini makin lama makin banyak, sehingga gelembung yang tadinya ambles, sekarang menonjol lagi. Pada saat ini penderita mendapat serangan demam lagi.

                Setelah itu seluruh gelembung akan mongering. Gelembung beserta nanah akan menjadi kerak, yang nantinya akan lepas dengan sendirinya dan meninggalkan bekas-bekas pada kulit (kalau pada wajah, disebut bopeng). Dari saat timbulnya bintil hingga lepasnya kerak-kerak itu memakan wktu beberapa minggu lamanya.

                Perlu dikemukakan, bahwa tingkatan dari gelembung selalu sama, tidak ada kedapatan gelembung tingkat tua dan gelembung tingkat muda bersamaan.

                Demikian secara singkat gejala penyakit cacar.

3) Cara Penularan. Biasanya melalui rongga hidung (droplet infection).

4) Cara menjauhkan diri dari penyakit cacar

Ø  Menjauhkan diri dari sumber penularannya.

Ø  Kalau di rumah ada yang menderita penyakit tersebut, supaya orang itu selekas mungkin dirawat di rumah sakit.

Ø  Mendapatkan suntikan vaksin cacar.

Suatu anjuran yang baik sekali untuk diturut ialah:

                Milailah mencacarkan bayi yang berumur kurang lebih empat bulan. Ulangi suntikan itu setelah enam tahun. Bila ada epidemic cacar, hendaknya tiap orang mendapat suntikan lagi, juga bayu yang baru lahir.

                Orang yang sudah pernah mendapat suntukan vaksin cacar masih mungkin dapat terserang penyakit tersebut, tetapi serangannya akan ringan-ringan saja dan biasanya akan sembuh kembali.

                Penyakit cacar adalah penyakit menular yang berbahaya sekali karena itu perlu sekali mendapat perhatian yang sebesar-besarnya.

                Tambahan: hingga kini belum ditemukan obat-obatan yang khusus dapat menyembuhkan penyakit cacar. Obat-obatan yang diberikan seperti penicillin sifatnya ialah mencegah kemungkinan-kemungkinan terjadinya penyulit-penyulit. Dari penyelidikan dapat diketahui bahwa dalam nanah yang terdapat dalam gelembung cacar sering terdapat bakteri seperti staphylococ, streptococ. Bakteri inilah yang sering menyebabkan penyulit-penyelut.

IN ENGLISH (with google translate Indonesian-english):

Diseases Smallpox (Variola)
(Source: Soejohardjo, Sadatoen., 2009. Sciences Health for school and schools are equal. Bandung: LubukAgung.)
1) For Smallpox Disease. The disease is caused by a virus compatriots. Its entire body is under attack, but the symptoms are apparent on the skin and mucous membranes. How to pass is through the nasal cavity. Future shoots approximately 10 days.
2) Symptoms of Smallpox
The symptoms generally are:
Suddenly had an attack of fever, sometimes preceded by chills, or vomiting. In addition to fever, head feels dizzy all, the waist and aching joints. After a few days, the body temperature back to normal, but along with falling temperatures came out bint-red nodules around the body, which is the start of the arms, head, and legs, and then spread to the body. A pimple, a small round red long it grew, which soon included a liquid, then there bercairan bubbles.Gradually it became turbid liquid color and surface bubbles going down and a ruffled (sinkhole). The liquid in the bubble now contains pus. Pus is becoming more and more a lot, so that was a bubble collapses, it stands out more. At this time the patient had an attack of fever again.
After that all bubbles will be mongering. Along with pus bubbles will be crust, which will be off by itself and leave scars on the skin (if on the face, called pockmarks). From the onset of rash until release crusts wktu it takes a few weeks old.
It should be noted, that the levels of the bubble is always the same, no one caught the old bubble and bubble level youth level simultaneously.
Similarly briefly smallpox symptoms.
3) Mode of transmission. Usually through the nasal cavity (droplet infection).
4) How to keep away from smallpox
 Keep away from sources of transmission.
 If the house is suffering from the disease, as soon as possible so that the person hospitalized.
 Getting smallpox vaccine injections.
A very good suggestion to be followed are:
Milailah mencacarkan infants aged less than four months. Repeat injections after six years. If there is a smallpox epidemic, everyone should get another injection, as well as the nascent wind.
People who have never had chickenpox vaccine suntukan may still be developing the disease, but the attack will light-light only and will usually recover.
Smallpox is a contagious disease that is very dangerous because it needs all the attention as much as possible.
Additional: no one has found a special medication that can cure smallpox. Drugs such as penicillin were given nature is to prevent the possibilities of occurrence of complications-complications.From investigations it can be seen that the pus contained in the bubble smallpox often contained bacteria such staphylococ, streptococ. The bacteria that often cause complications-penyelut.

0 comments:

Post a Comment