Perkembangan Makhluk Hidup dan Pertumbuhan Popolasi/ Living Developments and Growth Population FOR ELEMENTARY SCHOOL NATURAL SCIENCE


Perkembangan Makhluk Hidup dan Pertumbuhan Popolasi

(Source: Soetarno. 2000. Rangkuman Complete Natural Sciences. Semarang: CV.AnekaIlmu.)

1) Cara Perkembang biakan.

Ø  Makhluk Hidup dapat berkembang dengan berbagai cara misalnya tumbuhan berkembang biak dengan biji stek atau tunas. Hewan dengan bertelur, beranak atau dengan membelah diri. Pertumbuhan populasi yang pesat dapat menimbulkan berbagai masalah seperti keterbatasan ruang, kekurangan makanan.

Ø  Perkembang biakan tumbuhan beraneka ragam itu dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu cara generative atau cara kawin dengan cara pembuahan dan cara vegetative atau cara tanpa pembuahan.

Ø  Tumbuhan yang berkembang biak dengan cara generative biasanya mempunyai bunga yang pada bunganya iut terdapat benang sari dan putik. Perkembang biakan terjadi melalui perbanyakan atau pembuahan. Hasil penyerbukan adalah biji. Biji inilah yang dapat menjadi tanaman baru. Bunga lengkap terdiri dari kelopak, benang sari, mahkota, putik. Kelopak dan mahkota disebut perhiasan bungan. Putik dan benang sari disebut alat kelamin bunga.

Ø  Benang sari disebut kelamin benang jantan yang terdiri dari: tangkai sari, lupak sari dan serbuk sari. Putik disebut kelamin bunga terdiri atas: kepala putik, tangkai putik dan bakal buah.

Ø  Perkembangan vegetative alami. Pertama, rimpang adalah bagian batang yang berada di dalam tanah bertunas, tunas dapat tumbuh menjadi tnaaman baru misalnya bunga kana. Kedua, tunas daun adalah tepi daun terdapat tunas (bertunas), tunas dapat menjadi tumbuhan baru, misalnya: cocor bebek. Ketiga, umbi batang adalah umbi yang ada tunasnya, tunas tumbuh menjadi tumbuhan baru misalnya kentang. Keempat, umbi lapis adalah umbi yang berlapis-lapis di tengahnya terdapat tunas, tunas tumbuh menjadi tumbuhan baru misalnya bawang. Kelima, akar tinggal adalah bagian akar yang bertunas dan tunas dapat tumbuh misalnya jahe.

Ø  Perkembangan vegetative buatan adalah yang sengaja dilakukan oleh manusia dengan memindahkan dari tumbuhan hidup untuk dijadikan tumbuhan baru. Contoh: mencangkok, menyambung, menempel, merunduk, stek batang.

2) Perkembangbiakan Hewan

Ø  Perkembang biakan hewan adalah bertelur, beranak. Perkembang biakan secara bertelur disebut vivipar dan perkembang biakan secara tidak bertelur disebut ovipar. Vivipar mempunyai ciri bahwa jenis hewan dibesarkan dalam tubuh induknya, contoh hewan menyusui: ikan paus, sapi, kambing dan kucing. Cirri hewan ovipar adalah umumnya telur dierami sampai menetas. Pada umumnya ikan tidak mengerami, induk betina ikan mengeluarkan sel telur kemudian mengeluarkan kelamin jantan, sel telur bertemu sel kelamin jantan terjadilah pembuahan, telur itu menetas menjadi anak ikan.

Ø  Reptil (hewan melata) perkembangbiakan disebut ovovivipar, telur di dalam tubuh induk betina. Setelah dibuahi oleh jantannua tidak dikeluarkan. Disimpan dalam tunuh induk sampai menjadi aanak kadal kemudian dilahirkan.

Ø  Golongan hewan amfini yaitu hewan hidup di air maupun di darat, perkembang biakan terjadi di luar, contohnya katak. Setelah telur dibuahi akan menetas dan mengalami metamorphosis.

Ø  Serangga juga mengalami metamorphosis. Telur serangga setelah dibuahi jantannya akan menetas menjadi ulat. Ulat itu membentuk kepompong yang kemudian pecah mengeluarkan kepompong yang kemudian pecah mengeluarkan kupu-kupu sebagai bentuk dewasa serangga. Perubahan bentuk tubuh ulat menjadi kepompong yang kemudian serangga dewasa disebut metamorphosis sempurna.

Ø  Metamorphosis yang tidak sempurna terdapat pada serangga belalang dan jangkrik. Telur serangga ini setelah dibuahi induk jantannya kaan menetas menjadi anak serangga. Selanjutnya anak serangga yang mirip induknya itu tumbuh menjadi serangga dewasa.

Ø  Hewan yang bertelur menghasilkan sel telur yang terbungkus oleh bagian telur yang lain. Bila belum keluar dari induknya, sel telur itu bertemu sel kelamin jantan dari hewan jantannya. Sel itu mengalami pembuhan. Sel telur yang telah dibuahi itu disebut sebagai zygot (baca: si-got). Telur yang sudah dibuahi itu jika dierami akan menjadi aanak hewan tersebut. Bila telur itu tidak dibuahi, telur itu tidak menetas sekalipun dierami.

Ø  Hubungan perkembangan dan pertumbuhan Makhluk Hidup. Populasi adalah sejumlah individu makhluk hidup yang mendiami suatu daerah tertentu. Dalam satu desa ada populasi yang didiami berpuluh manusia. Di dalam hutan banyak gajah, mereka hidup bergelombol di suatu tempat karena itu disebut populasi gajah. Setiap individu makhluk hidup dipengaruhi lingkungannya. Lingngan adalah semua yang terdapat di luar sesuatu makhluk hidup. Lingkungan yang terdiri dari makhluk hidup disebut biotic dan lungkugnan benda tak hidup disebut lingkungan abiotik. Yang penting kita pahami adalah satu sama lain saling tergantung. Dengan bekerjanya hukum alam terciptalah keseimbangan pada ekosistem itu. Kehidupan tikus tergantung pada tersedianya tumbuhan dan banyaknya ular. Bila tumbuhan melimpah tikus menjadi sejahtera. Tubuhnya gemuk dan populasi sangat pesat. Akibat dari ledakan populasi penduduk dapat menimgbulkan pengangguran, kurang pangan dan pemukiman, kurangnya kesempatan dalam pendidikan, makin menipisnya sumber daya alam, pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran udara. Populasi bertambah bilaa yang datang dan lahir lebih banyak dari pada mati.

Ø  Bagaimana cara mengatasi masalah pangan bagi penduduk dunia? Keluarga berencana (KB), melestarikan lingkungan, hemat energy.

Ø  Bagaimana cara mengatasi peningkatan populasi penduduk dunia? Keluarga berencana.

Ø  Perlukah populasi dikendalikan? Perlu sekali sebab jumlah energy dan makanan di bumi terbatas, bila populasi terus bertambah maka penduduk dunia terancam bahaya kelaparan dan kekurangan energy.

Ø  Bilamana populasi? Bila yang datang atau yang lahir lebih banyak dari pada yang mati atau yang pergi.

Ø  Apakah yang dikatakan zygote? Sel telur yang sudah dibuahi.

Ø  Apakah yang disebut vivipar? Hewan beranak.

Ø  Apakah yang disebut ovipar? Hewan bertelur.

Ø  Apakah sel sperma? Sel kelamin jantan.

Ø  Apakah ovum? sel kelamin  betina atau sel telur.

Ø  Apakah penyerbukan itu? Peristiwa melekatnya benang sari ke kepala putik.

Ø  Apakah yang disebut persarian itu? Penyerbukan.

Ø  Apakah tujuan orang melakukan perkembangbiakan dengan cara menyambung dan menempel? Menggabung sifat dua tumbuhan yang berbeda.

Ø  Apakah tujuan orang melakukan perkembang biakan dengan cara merunduk? Tunas tumbuh pada ujung batang atau ketiak daun.

Ø  Bagaimana cara pengembangbiakaan dengan cangkok? Memberikan tanah pada batang yang kita eratkan pada tumbuhan dikotil.

Ø  Bagaimana tentang pengembangbiakan dengan menempel? Batang yang berada di atas umbi akar dapat bertunas dan umbi akarnya berguna sebagai cadangan makanan.

Ø  Apakah yang kamu ketahui tentang cara berkembang biak dengan menyambung itu? Menggabungkan dua tanaman yang berbeda dengan cara menyambung masing batang tumbuhan yang hendak disambung.

Ø  Bagaimakah pengembang biakan dengan stek? Salah satu bagian tubuh induknya langsung ditanamkan ke dalam tanah.

Ø  Bagaimana cara berkembang biakan pisang? Bertunas.

Ø  Bagaimana cara berkembang biakan cocor bebek? Tuanas adventif.

Ø  Bagaimana cara perkembang biakan jamur? Dengan spora.

Ø  Bagaimana cara perkembang biakan paramaecium? Membelah diri.

Ø  Apakah yang kamu ketahui tentang berkembang biak dengana: a) umbu lapis, c) akar tinggal, c) umbi akar, d) umbi batang, e) geragih, f) tunas adventif. Pertama, umbi lapis adalah tunasnya berupa suing yang tumbuh dari umbinya. Kedua, Akar tunggal adalah tunas tumbuh dari bagian batang yang menjalar di dalam tanah. Ketiga, umbi akar adalah batang yang berada di atas umbiakar dapat bertunas dan umbi akarnya berguna sebagai cadangan makanan. Umbi batang adalah tunas tumbuh dari umbi. Geragih adalah  tunas baru pada buku-buku batang yang menjalar misalnya geragih pegangan, geragih arbei. Tunas adventif adalah tunas pada ujung batang atau ketiak daun.

IN ENGLISH (with google translate Indonesian-english):

Living Developments and Growth Popolasi
(Source: Soetarno., 2000. Summary Complete Natural Sciences. Semarang: CV.AnekaIlmu.)
1) How to proliferation.
 Living can develop in various ways such plants reproduce by seeds or stem cuttings. Animals with spawn, lambing or by dividing. Rapid population growth can cause various problems such as space limitations, lack of food.
 The proliferation of diverse plants that can be classified into two groups, namely generative ways or means mating and conception by vegetative means or manner without fertilization.
 Plants that reproduce by means of generative usually have interest in iut flowers are the stamens and pistils. The proliferation occurs through reproduction or fertilization. The result is a seed pollination. These seeds can become new plants.Consists of a complete flower petals, stamens, corolla, pistil. Petals and called crown jewels relationship. Pistil and stamens of flowers called genitals.
 Stamens called male genital yarn consisting of: stalk juice, cider lupak and pollen. Called venereal flower pistil consists of: the stigma, stigma and ovary stalk.
 The development of natural vegetative. First, the rhizome is the part of the stem in the soil to germinate, sprout can grow into a new instance tnaaman kana flowers. Second, is the edge of the leaf buds are leaf buds (sprouts), shoots may be a new plant, for example: cocor duck. Third, stem tubers are existing bulbs sprout, buds grow into new plants such as potatoes. Fourth, the bulbs are bulbs in layers in the middle there is a bud, buds grow into new plants such as onions.Fifth, the root of living is the root that sprouts and shoots can grow as ginger.
 artificial vegetative development was deliberately done by humans to move from plant life to become a new plant. Example: grafting, connect, attach, ducking, stem cuttings.
2) Animal Breeding
 The proliferation of animal was laying, son. The proliferation of the so-called egg-laying and viviparous proliferation is not known ovipar spawn. Viviparous animals have traits that were raised in the mother's body, eg mammals: whales, cows, goats and cats. Cirri ovipar animals are generally incubated eggs until they hatch. In general, fish hatching, the female parent fish release an egg and then secrete male sex, meet egg fertilization occurs the male sex cells, eggs hatch into fry.
 reptiles (reptiles) called ovovivipar breeding, eggs in the body of the mother.Once fertilized by jantannua not issued. Stored in tunuh parent to be aanak lizard later born.
 Group amfini animals are animals living in the water and on the land, breeding occurs outside, such as frogs. After the fertilized eggs will hatch and undergo metamorphosis.
 The insects also suffered metamorphosis. Insects after the fertilized egg will hatch into caterpillars males. Caterpillar forms a cocoon that broke the cocoon broke issued issued a butterfly as a form of adult insects. Changes in body shape caterpillar into a chrysalis and then the adult is called metamorphosis perfect.
 Metamorphosis imperfect found in insects grasshoppers and crickets. This insect eggs after fertilization parent kaan males hatch into larva. Furthermore, insect-like parent child grows into an adult.
 Animals that lay eggs produce eggs are encased by the other eggs. If not get out of its mother, the egg cell meet male sex cells of animals males. The cell was experiencing pembuhan. The fertilized egg is called a zygote (read: si-got). The fertilized egg will be incubated if aanak animals. If the egg is not fertilized, the eggs did not hatch though incubation.
 Relationship development and growth Beings. Population is the number of individuals living things that inhabit a particular area. In one village was inhabited by dozens of human populations. Many elephants in the forest, they live somewhere bergelombol therefore called elephant population. Every individual living thing is affected environment. Lingngan are all located outside of any living creature. Environment consisting of living things are called biotic and inanimate lungkugnan called abiotic environment. The important thing to understand is we are dependent on one another. With the working of the law of nature creates a balance in the ecosystem. Life rats depends on the availability of plants and many snakes. When the rats became prosperous abundant vegetation. Body fat and the population very rapidly. As a result of the population explosion can menimgbulkan unemployment, lack of food and shelter, lack of opportunities in education, the depletion of natural resources, water pollution, soil pollution, air pollution.Population increases are coming and born bilaa more than the dead.
 How to solve the problem of food for the world population? Family planning (FP), preserving the environment, saving energy.
 How to cope with the increasing population of the world? Family planning.
 Should population be controlled? It is important because the amount of energy and food on earth is limited, if the population continues to increase the population of the world in danger of starvation and lack of energy.
 When the population? When you are coming or who was born more than a dead or gone.
 What does zygote? The fertilized egg cell.
 What is viviparous? Animals give birth.
 What is ovipar? Animals spawn.
 Is a sperm cell? Male sex cells.
 Is the ovum? female sex cells or eggs.
 Is pollinate it? Events attach stamen to the stigma.
Persarian  What is it? Pollination.
 Is the person doing the breeding objectives in a way to connect and stick?Merging two different plant properties.
 Is the purpose of the conduct by breeding duck? Shoots growing at the end of the stem or axillary panicles.
 How pengembangbiakaan with graft? Give ground on which we tighten the rod dikotil plants.
 How about the breeding of the stick? Stem above the root tuber can sprout roots and tubers serve as food reserves.
 Do you know how to connect it breed? Combining two different plants with each connecting rod wishing spliced ​​plants.
 How is breeding with cuttings? One part of the parent body instilled directly into the ground.
 How to evolve culture banana? Germinate.
 How do cultures evolve cocor duck? Tuanas adventitious.
 How do fungi breeding? With spores.
 How Paramaecium breeding? Dividing.
 Do you know about the breed dengana: a) umbu layer, c) live roots, c) root tuber, d) stem tubers, e) geragih, f) adventitious shoots. First, the bulbs are in the form of suing shoots that grow from tubers. Second, is the sole roots shoots growing from the trunk of a spread in the soil. Third, is a stem tuber roots that are above umbiakar can sprout roots and tubers serve as food reserves. Bud stem tubers are grown from tubers. Geragih are new shoots on the books that spread such geragih rod handle, geragih strawberries. Adventitious buds are buds on the tip of the stem or axillary panicles.


Alat Indera/ Sense Organ FOR ELEMENTARY SCHOOL NATURAL SCIENCE


Alat Indera

(Source: Soetarno. 2000. Rangkuman Complete Natural Sciences. Semarang: CV.AnekaIlmu.)

1) Alat Indera dan kegunaannya

Ø  Alat indera penglihat, pendengar, pembau dan pengecap merupakan alat pengenaal keadaan luar tubuh. Rangsangan tertentu ditanggapi oleh indera tertentu,  misalnya cahaya ditanggapi oleh indera penglihat dan seterusnya.

Ø  Dunia luar dapat kita kenal dengan alat indera, berbagai rangsangan diterima oleh alat indera kita selalu disampaikan ke otak.

Ø  Kita mempunyai 5 alat indera yakni penglihat, pendengar, pembau, pengecap, dan perasa.

Ø  Mmata merupakan salah satu alat indera yang tak bernilai harganya. Mata terdiri atas bola mata yang terletak dalam lekuk mata. Dinamakan bola mata karena bentuknya memang seperti bola.

Ø  Dalam mata terdiri dari bagian penting dalam peglihatan, bagiannya: selaput pelangi (iris)m anak mata, selaput tanduk (kornea), urat saraf mata, lensa mata, selaput jarring.

Ø   Mata tidak boleh kemasukan debu atau benda apa saja. Juga tidak boleh terkena sinar yang menyilaukan. Oleh karena itu, mata dilindungi dari hal yang mengganggu dengan gerak reflek, letak bola mata dalam sebuah  lekuk di antara dahi dan tulang pipi sehingga cukup terlindung, kelopak mata menghasilkan air mata oleh kelenjar air mata. Air mata digunakan  untuk membasahi kornea. Bulu-bulu mata gunanya untuk mengurangi cahaya yang masuk. Alis mata, di atas mata terdapat alis mata yang gunanya untuk menghindari masuknyaa keringat.

Ø  Hidung sebagai jalan pernafasan. Hidung juga sebagai indera penciuman. Bau yang harum dan busuk dapat tercium jika uap zat yang berbau sampai ke dalam hidung. Rangsangan yang ditimbulkan uap zat tersebut diterima oleh ujung saraf yang merupakan indera pembau.

Ø  Indera pembau ini terletak pada selaput lendir di rongga hidung bagian atas pada kerang hidung atas dan pada permukaan atas kerang hidung tengah.

Ø  Di dalam rongga hidung terdapat bulu hidung dan selaput lendir. Bulu hidung dan selaput lnedir berguna untuk menahan kotoran yang terbawa oleh udara yang kita hirup.

Ø  Lidah yang merupakan alat yang terdapat dalam mulut. Pada lidah terdapat indera pengecap. Permukaan lidah terdapat bintil-bintil. Di situlah terdapat ujung saraf pengecap. Makanan dan minuman di dalam mulut kita akan merangsang ujung saraf pengecap dari rangsangan itu diteruskan ke otak. Oleh karena itu, kita mengecap makanan dan minuman.

Ø  Selain untuk mengecap, lidah berguna untuk mengatur agar makanan di dalam mulut tercampur dengan air liur terkunyah dengan sebaiknya.

Ø  Bagian terpenting pengecap sebagai berikut: Pertama, rasa manis, letaknya bagian lidah pengecap rasa manis terletak pada ujung lidah. Kedua, rasa pahit, bagian lidah pengecap rasa pahit terletak pada tengah belakang. Ketiga, rasa asam, bagian lidah pengecap rasa asam terletak pada lidah belakang. Kelima, rasa asin, bagian lidah pengecap rasa asin terletak pada tepi lidah.

Ø  Kulit merupakan indera peraba. Sebagai indera peraba, kulit bertugas menerima rangsangan pada kulit tersebar ujung saraf peraba. Ujung saraf peraba bertugas meneruskan rangsangan ke otak. Dengan demikian kita dapat merasakan kasar halusnya permukaan benda, panas, dingin, nyeriu. Bagian kulit yang paling peka terhadap rangsangan yaitu bagian yang terdapat pada bagian bibir dan ujung jari. Ujung saraf peraba juga terdapat dinding alat dalam misalnya dinding usus. Oleh karena itu, kita dapat merasakan sakit atau nyeri pada alat tersebut.

Ø  Dengan apa kita menggerakkan bola mata? Dengan otot mata.

Ø  Mengapa permukaan mata kita tak pernah kering? Karena di dalam kelopak mata terdapat kelenjar air mata yang mengeluarkan air mata tiap kali kita mengedip..

Ø  Mengapa kita menangis hidung kita ikut basah? Air mata yang berlebihan masuk melalui saluran di sudut mata bagian dalam yang bermuara dirongga hidung.

Ø  Bagaimana kita dapat melihat benda? Bila ada cahaya yang dipantulkan ke mata.

Ø  Apakah yang kamu ketahui tentan: a) akomodasi, b) miopi, c) presbiopi d) hipermetropi, e) astigmatisme? A) akomodasi adalah kemampuan lensa untuk memipih dan mencembung, b) miopi adalah cacat mata sehingga penderita tidak dapat melihat dengan jelas benda yang jauh letaknya dan dapat ditolong dengna lensa cekung, c) presbiopi adalah cacat mata sehinggaa kemampuan penderitanya tidak bisa melihat benda yang jauh dengan jelas dan tidak bisa membaca buku pada jarak normal (20 cm-30cm), dapat ditolong dengna kacamata lensa rangkap, d) hipermetropi adalah cacat mata sehingga penderita tak dapat melihat benda di dekatnya dengan jelas dan dapat ditolong dengan kacamata berlensa cembung, e) astimatisme adalah cacat mata sehingga penderitanya tidak bisa membedakan garis tegak lurus dan mendatar saat bersamaan dan dapat ditolong dengan kacamata silinder.

Ø  Mengapa bila kita selesma, kita sulit mencium bau? Karena pada selaput lubang hidung berlendir amat banyak sehingga mengganggu penyampaian rangsang ke ujung saraf yang merupakan indera pembau.

Ø  Sebutkan bagian telinga! Telinga luar, telinga tengah, telinga dalam.

Ø  Mengapa kita dapat merasakan rasa: (a) asin, b) asam, c) manis? A) asin letaknya di pinggir lidah, b) asam letaknya di pinggir lidah, c) manis di ujung lidah.

Ø  Apakah guna lidah? Pengecapan rasa makanan dan minuman, mengucapkan kata, mengatur letak makanan dalam mulut ketika dikunyah, membantu penelanan makanan.

Ø  Apakah guna kulit? Pelindung tubuh dan indera peraba.

Ø  Mengapa usus kita sakit, kita dapat merasakannya? Karena di dinding usus juga terdapat ujung saraf peraba.

Ø  Apakah guna saluran Eustachius? Menghubungkan rongga mulut dengan telinga bagian tengah.

Ø  Bagian telinga ada tiga: pertama, telinga bagian luar yang terdiri dari daun telinga, lubang telinga, kelenjar minyak, liang telinga, selaput gendang. Kedua, telinga bagian tengah terdiri dari tulang martil (pukul) tulang landasan, tulang sanggurdi. Ketiga, telinga bagian dalam terdiri dari tingkap jorong, tingkap bundar, tiga saluran setengaah, lingkaran.

Ø  Apakah yang dimaksud dengna Panca indera kita? 1) indera penglihat yaitu mata, 2) indera pendengar yaitu telinga, 3) indera peraba yaitu kulit, 3) indera peraba yaitu kulit, 4) indera perasa yaitu lidah dan, 5) indera pencium yaitu hidung.

IN ENGLISH (with google translate Indonesian-english):

Sense organ
(Source: Soetarno., 2000. Summary Complete Natural Sciences. Semarang: CV.AnekaIlmu.)
1) Sense and utility equipment
 Tool senses of sight, hearing, smell and taste are pengenaal state apparatus outside the body. Respond to certain stimuli by the senses, eg light taken by the senses of sight and so on.
 The outside world can be known by means of the senses, a variety of stimuli received by our sensory organs are always delivered to the brain.
 We have 5 senses namely sight, hearing, smell, taste, and taste.
 Mmata is one of the senses that is not worth the price. Eyes composed of eyeballs are located in the eye socket. Named eyeballs because of its shape is like a ball.
 In the eyes comprise an important part of peglihatan, parts: the iris (iris) m child's eye, cornea (cornea), the eye nerve, eye lens, mucous nets.
 eyes should not be intruding dust or any object. Also not be affected by glare.Therefore, the eyes are protected from things that interfere with the reflex motion, the location of the eyeball in a groove between the forehead and cheekbones so it is quite sheltered, eyelids, tear glands produce tears. Tears used to moisten the cornea. Eyelashes use to reduce the incoming light. Eyebrows, above the eye brows are a point to avoid masuknyaa sweat.
 The nose as a way of breathing. Nose well as the sense of smell. A fragrant smell and can smell the foul-smelling substance if the vapor up into the nose.Stimuli were generated steam substance acceptable to a sensory nerve endings smell.
 The sense of smell is located on the mucous membranes in the nasal cavity at the top of the nose clams and mussels on the upper surface of the middle of the nose.
 In the nasal cavity are nose hairs and mucus membranes. Nose hairs and mucous lnedir useful to keep dirt carried by the air we breathe.
 The tongue is a tool found in the mouth. There is a sense of taste on the tongue.The surface of the tongue there is a pimple. That's where the nerve endings are taster. Food and drink in our mouths will stimulate the nerve endings of taste stimuli is transmitted to the brain. Therefore, we taste food and drink.
 In addition to taste, the tongue is useful to set the food in the mouth is mixed with saliva chewed wisely.
 The most important part of taste as follows: First, the sweetness, lying parts of the tongue taste the sweetness lies at the tip of the tongue. Second, bitter taste, the tongue taste bitter taste lies in the center of the back. Third, sour taste, the tongue taste sour taste lies in the tongue back. Fifth, salty taste, the tongue taste the salty taste lies in the tongue edge.
 The skin is the sense of touch. As the sense of touch, skin to skin stimulation in charge of receiving scattered tactile nerve endings. Continuing duty tactile nerve endings to the brain stimulation. Thus we can feel smooth rough surfaces, heat, cold, nyeriu. The skin is most sensitive to stimuli that contained sections on the lips and fingertips. There are also tactile nerve endings in the wall of a tool such as the intestinal wall. Therefore, we can feel pain or pain in the tool.
 With what would the eyeball? With the eye muscles.
 Why is the surface of our eyes never dry? Because in the eyelid are tear glands that secrete tears every time we blink ..
 Why do we cry we take a wet nose? Excessive tears go through a channel in the inner corner of the eye that leads to dirongga nose.
 How can we see things? If no light is reflected to the eye.
 Do you know tentan: a) accommodation, b) myopia, c) presbiopi d) hipermetropi, e) astigmatism? A) accommodation is the ability to squeeze the lens and mencembung, b) myopia eye defect so that the patient is not able to clearly see objects far away and can be helped dengna concave lens, c) is defective eye presbiopi sehinggaa ability sufferer can not see distant objectsclearly and can not read a book in the normal range (20 cm-30 cm), can be helped dengna dual lens eyeglasses, d) is hipermetropi eye defects, so people can not see nearby objects clearly and can be helped with a monocle convex, e)astimatisme is eye defects so that the sufferer can not distinguish between perpendicular and horizontal lines at the same time and can be helped with glasses cylinder.
 Why when we are cold, it is hard to smell? Because the mucus lining of the nostril so much that disrupt the delivery of stimulation to the nerve endings, which is the sense of taste or smell.
 Mention the ear! The outer ear, middle ear, inner ear.
 Why we can feel a sense of: (a) salt, b) acid, c) sweet? A) located on the edge of the salty tongue, b) acid located on the edge of the tongue, c) sweet on her tongue.
 Is the use tongue? Tasting the taste of food and drinks, say, adjust the food in the mouth when chewed, helping swallowing food.
 Is the use of skin? Body armor and a sense of touch.
 Why our gut pain, we can feel it? Due to the intestinal wall also contained nerve endings touch.
 Is the channel to Eustachius? Connecting to the oral cavity of the middle ear.
 The ear is threefold: first, outer ear consists of the ear, the ear canal, oil glands, ear canal, eardrum membrane. Second, the middle ear bones comprising the hammer (at) bone anvil, stirrup bone. Third, the inner ear consists of the ellipse casement, casement round, three channels setengaah, circle.
 What is dengna our senses? 1) the sense of sight is the eye, 2) the listener senses the ear, 3) the sense of touch skin, 3) the sense of touch skin, 4) sense of taste is the tongue and, 5) the olfactory senses of the nose.

Listrik/ Electricity FOR ELEMENTARY SCHOOL NATURAL SCIENCE


Listrik

(Source: Soetarno. 2000. Rangkuman Complete Natural Sciences. Semarang: CV.AnekaIlmu.)

Ø   Listrik memberikan penerangan kepada kita, panas pada setrika, panas pada kompor lstrik. Dengan kita dpaat mendengarkan radio, melihat tevisi, menggunakan telepon, pesawat ruang angkasa, alat kedokteran dengan pertolongan listrik.

Ø  Benda itu terbentuk dari partikel yang sangat kecil yang disebut atom. Kita dapat melihat atom karena sangat kecil. Atom terbentuk dari partikel yang sangat kecil. Jenis partikel adalah electron, proton, dan neturon. Electron mempunyai muatan negative, proton mempunyai muatan positif, neutron tidak mempunyai muatan (netral), muatan yang mengalir melalui listrik adalah electron.

2) Arus Listrik

Ø  Arus listrik dapat mengalir melalui bahan apa saja.

Ø  Untuk menghubungkan alat yang satu dengan yang lain dalam rangkaian listrik diperlukan penghantar.

Ø  Logam yang mudah sekali menghantarkan arus listrik adalah perak. Tetapi karena perak itu harganya mahal sekali harganya diganti dengna tembaga. Tembaga mempunyai sifat yang hampir sama baiknya dengan perak. Maka pada umumnya kabel listrik terbuat dari bahan tembaga.

Ø  Zat atau bahan yang mudah menghantarkan arus listrik disebut konduktor atau penghantar.

Ø  Terjadinya listrik mulanya diselidiki oleh orang yunani kuno kurang lebih 600 tahun silam sebelum Masehi dengan mengamati batu ambar yang mampu menarik benda ringan karena batu ambar itu digosok dengan wol. Batu ambar yang digosok dengan wol dikatakan mempunyai muatan listrik.

Ø  Benda yang sulit dilewati arus listrik itu disebut isolator atau penghantar listrik yang tidak baik.

Ø  Muatan listrik mengalir dari tempat yang bermuatan banyak ke tempat yang bermuatan sedikit. Aliran muatan listrik itu disebut sebagai arus listrik.

3) Hubungan Listrik

Ø  Hubungan listrik dapat dibuat secara seri atau parallel (sejajar).

Ø  Pada hubungan parallel arus listrik mengalir melalui dua cabang atau lebih pada hubungan seri tidak.

Ø  Sinar dari lampu yang dihubungkan secara seri dan yang dihubungkan secara parallel tidak sama terangnya.

Ø  Sakelar adalah alat untuk menyambung atau memutuskan rangkaian listrik. Pada lampu senter dapat dilihat sakelar berupa sebuah tombol tekan.

Ø  Bila lampu, sakelar dan aki disambung. Sakelar tertutup lampu nyala, sakelar terbuka lampu mati.

Ø  Dua buah lampu yang di hubungkan seri menyala lebih redup daripada dua buah lampu yang  dihubungkan parallel.

Ø  Bila laampu padarangkaian seri terputus, lampu yang lain tak bisa menyala. Tetapi  pada rangkaian parallel, bila satu lampu mati, lampu yang satu lagi tetap menyala.

Ø  Rangkaian listrik dalam rumah. Dihubungkan secara parallel. Oleh karena itu bilak ita memadamkan satu lampu, peralatan listrik lain tidak ikut padam.

4) Energi Listrik

Ø  Energy listrik dapat berubaah menjadi energy bentuk lain misalnya kawat yang dialiri arus listrik dapat menjadi panas serta arus yang terlalu besar dapat diamankan dengan menggunakan sekering. Arus listrik juga dapat menghasilkan magnet sementara.

Ø  Energy listrik dapat berubah menjadi kalor. Tinggi rendah derajat panas yang ditimbulkan baterai itu terlihat  pada angka thermometer.

Ø  Bila panas yang ditimbulkan arus listrik sangat besar, kawat atau kabel yang dilalui dapat membara dan akhirnya menimbulkan kebakaran.

Ø  Duaa buah kabel yang terkelupas yang membawa muatan listrik yang berbeda dapat mengakibatkan terjadinya hubungan singkat atau kortsluiting. Hubungan singkat menyebabkan arus listrik yang melewatinya sangat besar.

Ø  Oersted menemuka bahwa arus lsitrik mempengaruhi kemagnetan penemuan itu pada tahun 1821.

Ø  Percobaan Oersted, penjelasan: sebuah paku besi dililit dengan kawat tembaga. Kemudian dialirkan arus listrik pada kawat tersebut. Paku tersebut menjadi bersifat seperti magnet. Magnet yang dibuat dengan arus listrik disebut elektro magnetic. Sifat kemagnetan elektromagnetik bersifat sementara.

Ø  Michael Faraday menemukan bahwa magnet yang digerakkan dapat menimbulkan arus listrik.

Ø  Motor listrik banyak digunakan orang misalnya untuk menghidupkan kendaraaan bermotor dan menggerakkan mesin. Motor listrik juga menggunakan electromagnet.

Ø  Electromagnet adalah magnet yang terjadi karena aliran listrik pada suatu kumparan. Elektromagnetik digunakan pada bel listrik, telegraf, telepon dan sebagainya.

5)Symber Listrik

Ø  Sumber listrik adalaah elemen volta, elemen kering, aki, dynamo dan motor listrik.

Ø  Ahli ilmu alam Italia, Alesandro Volta membuat sumber energy listrik yang dikenal sebagai elemen volta. Elemen volta merupakan sumber energy listrik yang dapat mengalir arus listrik yang cukup besar. Elemen volta terdiri atas lempengan seng (Zn) dan lempengan tembaga (Cu) yang dicelupkan ke dalam larutan asam sulfat enver (H2SO4). Reaksi antara larutan asam sulfat encer dan seng mengakibatkan lempengan seng bermuatan negative. Reaksi antara larutan asam sulfat encer dan tembaga bermuatan positif. Jika lempengan seng kita hubungkan dengan lampu kecil, lampu itu menyala.

Ø  Batu baterai dapat mengalir listrik karena itu batu baterai dikatakan sumber listrik. Tiap sumber listrik dapat mengalirkan aliran listrik. Baterai banyak jenisnya. Ada baterai kering dan baterai basah.

Ø  Obat baterai merupakan zat kimia disebut salmiak. Baterai basah karena dalam baterai itu terdapat cairan. Baterai basaah disebut akumulator atau aki. Aki dapat memberikan litrik untuk waktu lama. Bila aki menjadi lemah dapat diperkuat lagi dengan suatu proses yang disebut mengisi aki.

Ø  Dynamo sepeda terdiri atas magnet “U” dan suatu kumparan. Bila dynamo sepeda berputar, kumparan yang berada di tengah magnet ikut berputar. Perputaran magnet itu menyebabkan timbulnya aurs listrik.

Ø  Generator adalah dynamo yang sangat besar.

Ø  Tenaga listrik dari stasiun pembangkit disalurkan melalui kawat ke gardu listrik. Dari gardu listrik ini tenaga lisstrik disalurkan ke tempat dengan mengeluarkan melalui kawat pula.

Ø  Kemampuan untuk melakukan usaha dinamakan energy.

Ø  Listrik adalah sumber energy. Energy listrik dapat diubah menjadi energy kimia, gerak, cahaya, panas dan sebagainya.

Ø  Energy listrik diubah menjadi energy kimia misalnya pada peristiwa mengisi aki dan juga melapisi menyepuh suatu logam.

Ø  Energy listrik diubah menjadi energy gerak misalnya pada prinsip kerja kipas angin listrik, mesin jahit listrik dan sebagainya.

Ø  Energy listrik diubah menjadi cahaya misalnya pada pinrisip kerja lampu listrik.

Ø  Energy listrik diubah menjadi energy panas misalnya pada prinsip kerja komporlistrik, setrika.

Ø  Satuan energy listrik adalah amper/ second (joule).

Ø  Banyaknya energy listrik dalam waktu satu detik dinamakan daya listrik.

Ø  Daya listrik diberi satuan Joule/ detik (watt).

Ø  Yang dimaksud dengna 1 meter listrik adalah 1.000 wat jam (1 KWH).

Ø  Untuk menyusun rangkaian tertutup sederhana, maka alat yang harus kita siapkan sumber tegangnan, kabel (kawat penghantar), lampu, fiting.

Ø  Baterai, dynamo sepeda, akumulator disebut sumber tegangan.

Ø  Pada sumber tegangan akan memiliki benda potensial pada ujungnya.

Ø  Kutub sumber teganngan adalah kutub positif dan kutub negative.

Ø  Beda potensialnya 1,5 volt.

Ø  Beda potesnial diberi satuan volt.

Ø  Alat untuk mengukur benda potensial adalah voltmeter.

Ø  Akumulator lebih kita kenal dengan nama aki.

Ø  Zat cair pengisinya asam belerang.

Ø  Apaka aki juga memiliki kutub sumber tegangan? Ya, sumber tegangannya stop kontak.

Ø  Bagian batu baterai adalah seng sebagai kutup (-), serbuk batu kawi dicampur salmiak, karton, batang arang, kuningan sebagai kutub (+).

Ø  Bagian dynamo sepeda: magnet, isolator, kutup negative, kutup postif, kumparan.

Ø  Bagian dari aki: Pb (timbale) sebagai kutub negative, PbO2 (timbale peroksida sebagai kutub positif, H2SO4 (Asam Sulfat) sebagai larutan penghantar, lampu dan kawat penghantar.

Ø  Prinsip kerja batu baterai adalah mengubah nergi kimia menjadi energy listrik.

Ø  Prinsip kerja dynamo sepeda adalah mengubah energy gerak menjadi energy listrik.

Ø  Prinsip kerja akumulator adalah mengubah energy kimia menjadi energy listrik.

Ø  Mengisi aki sama dengan menyetrum aki.

Ø  Aki dikatakan mati karena tidak ada beda potensialnya.

Ø  Aki arus listriknya harus serarah.

Ø  Cairan yang dipergunakan untuk aki disebut accuzuur.

Ø  Rangkaian seri disebut juga rangkaian berurutan.

Ø  Rangkaian parallel sama dengan rangkaian sejajar.

IN ENGLISH (with google translate: Indonesian-english):

Electricity
(Source: Soetarno., 2000. Summary Complete Natural Sciences. Semarang: CV.AnekaIlmu.)
 Electricity gives us light, heat in the dryer, the heat on the stove lstrik. With our dpaat listening to the radio, see tevisi, using the telephone, spacecraft, medical devices with the help of electricity.
 It was made up of very small particles called atoms. We can see atoms because it is very small. Atom is made of very small particles. Types of particles are electrons, protons, and neturon. Electrons have a negative charge, protons have a positive charge, neutrons have no charge (neutral), which flows through the electric charge is the electron.
2) Electric Current
 The electrical current can flow through any material.
 To connect devices with each other in the electrical circuit required conductor.
 The metal is easy to conduct electricity is silver. But because silver is expensive so the price is replaced dengna copper. Copper has properties almost as good as silver. So in general electrical wires made of copper.
 substances or materials that conduct electricity easily are called conductors or conductor.
 The occurrence of power initially investigated by the ancient Greeks about 600 years ago before Christ by observing amber capable of attracting light objects because amber is rubbed with wool. Amber is rubbed with wool is said to have an electrical charge.
 Objects difficult to pass an electric current is called an insulator or a conductor of electricity which is not good.
 The electric charge flows from place to place a lot of uncharged charged less.The flow of electric charge is called electric current.
3) Power Relationships
 Electrical connections can be made in series or parallel (parallel).
 In parallel connection of electrical current flowing through two or more branches in series connection is not.
 rays of light are connected in series and connected in parallel is not as bright.
 Switch is a tool to connect or disconnect the electrical circuit. In the flashlight can be seen in the form of a pushbutton switch.
 When the lights, switches and battery connected. Closed on light switches, open switches lights off.
 Two is connected lights lit series dimmer than two parallel connected lamps.
 If laampu padarangkaian series is lost, the other lamp can not light up. But in a series of parallel, when the lights go out, the other lights stay lit.
 electrical circuits in the home. Connected in parallel. Therefore itâ bilak extinguish the lights, other electrical appliances do not come out.
4) Electrical Energy
 Energy electricity can berubaah into other forms of energy such as electrified wire can be hot and currents that are too large can be secured by using a fuse.Electric current can also produce temporary magnet.
 Energy electricity can be turned into heat. Low high degree of heat generated by the battery is shown in figure thermometer.
 If the heat generated by an electric current is very large, wire or cable that can be passed to smolder and eventually cause a fire.
 Duaa fruit peel wires that carry different electric charges may result in short circuit or kortsluiting. Short circuit causing electrical current through it is huge.
 Oersted lsitrik menemuka that affects magnetization current findings in 1821.
 Oersted experiment, an explanation: an iron nail wrapped with copper wire.Then the flow of electric current in the wire. The nails are like a magnet. Magnets made with so-called electro-magnetic electric current. Transient electromagnetic properties of magnetism.
 Michael Faraday discovered that a magnet could induce an electrical current driven.
 Electric motors are widely used for example to turn on the motor vehicle and moving machine. The electric motor also uses electromagnets.
 electromagnet is a magnet that occurs due to the flow of electricity in a coil.Electromagnetic used in electric bells, telegraph, telephone and so on.
5) Power Symber
 Power source adalaah voltaic elements, dry element, battery, dynamo and electric motor.
 Expert physics Italian, Alessandro Volta made sources of electrical energy known as voltaic elements. Voltaic elements are a source of electrical energy to electrical current flow large enough. Voltaic elements consist of slab zinc (Zn) and copper plates (Cu) were dipped in a solution of sulfuric acid Enver (H2SO4). The reaction between dilute solution of sulfuric acid and zinc resulting in zinc-charged negative plates. The reaction between dilute solution of sulfuric acid and copper are positively charged. If we connect the slab zinc small lamp, the lamp was lit.
 Stone can drain battery power because it says the batteries power source.Each power source can drain power. Batteries of many kinds. There is a dry battery and a wet battery.
 Drug battery is a chemical called salmiak. Wet batteries because the batteries that are liquid. Basaah called accumulator battery or batteries. Aki can give litrik for a long time. When the battery becomes weak can be strengthened by a process called to fill the battery.
 Dynamo bike consists of a magnetic "U" and a coil. If the dynamo spinning bike, the coils in the middle of the magnet rotates. Turnover magnet electric aurs cause.
 Generator is a huge dynamo.
 Power from the generating station is channeled through a wire to an electric substation. Of electrical power substations lisstrik channeled into place with a pull through wire anyway.
 The ability to do work is called energy.
 Electricity is a source of energy. Electrical energy can be converted into chemical energy, motion, light, heat and so on.
 Energy electricity is converted into chemical energy in events such as the battery charge and also coats a metal plate.
 Energy electrical energy is converted into motion as the principle of the electric fan, electric sewing machines and so on.
 Energy electricity is converted into light as the electric lights work pinrisip.
 Energy electrical energy is converted into heat as the working principle komporlistrik, board.
 electrical energy unit is ampere / second (joules).
 The number of electrical energy in one second is called electrical power.
 Power given joules / second (watts).
 The definition dengna one electric meter wat is 1,000 hours (1 KWH).
 To develop a simple closed circuit, then the tools we have to prepare the source tegangnan, cable (wire conductors), lamps, fittings.
 Battery, dynamo bicycle, called the accumulator voltage source.
 The voltage source will have a potential object edges.
 Pole teganngan source is the positive pole and a negative pole.
 potential difference of 1.5 volts.
 Different potesnial given volts.
 potential tool for measuring objects is a voltmeter.
 Accumulator more familiar with the name of the battery.
 Liquid sulfuric acid filler.
 Apaka battery also has a pole voltage source? Yes, the source voltage outlet.
 The batteries are zinc as pole (-), manganese powder mixed salmiak, cardboard, charcoal sticks, a brass pole (+).
 The bicycle dynamo: magnetic insulator, negative pole, positive pole, coil.
 Part of the battery: Pb (timbale) as a negative pole, PbO2 (timbale peroxide as a positive pole, H2SO4 (sulfuric acid) as a conductor, lights and wire conductors.
 The working principle is to change batteries nergi chemical into electrical energy.
 bicycle dynamo working principle is to convert energy of motion into electrical energy.
 The working principle of the accumulator is to change chemical energy into electrical energy.
 Charging battery with battery electric shocks.
 Aki said to die because there is no potential difference.
 Aki must serarah electric current.
 The liquid used for battery called accuzuur.
 The series series called sequential circuit.
 same parallel circuit parallel circuit.